Breaking News

Connect With us

August 9, 2022

Gempa yang Menggguncang Pessel Tak Berpotesi Tsunami

                                                           09 Agustus 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Gempa yang menguncang Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Selasa (9/8) pukul 11.41.13 WIB, dengan kedalaman 27 kilometer berlokasi 1.80 LS, 100.39 BT 54 kilometer barat daya Kota Painan, tidak menimbulkan kerusakan dan korban jiwa serta bepotensi tsunami.


Namun gempa yang berjarak 54 kilometer barat daya Kota Painan itu tetap membuat sebagian masyarakat panik dan juga  berupaya keluar kantor dan rumah agar terhindar dari ancaman tertimpa bangunan.

Mardi 56, warga Painan Timur, Kecamatan IV Jurai, mengatakan bahwa dia bersama istri dan empat anaknya saat terjadi gempa memang sedang berada di dalam rumah.

"Ketika gempa terjadi, saya bersama istri dan empat anak saya sedang berada di dalam rumah. Karena kuatir akan terjadi gempa susulan yang lebih besar, sehingga saya bersama anak dan istri itu berupaya lari keluar rumah. Itu kami lakukan untuk menghindari diri dari ancaman tertimpa benda dan bangunan," katanya.

Dia mengakui bahwa getaran gempa yang hanya dalam hitungan detik itu memang agak terasa kuat.

"Gempa dirasakan cuma satu kali, namun suaranya agak keras karena hentakannya tidak mengayun, namun dirasakannya menghempas," akunya.

Hal yang sama juga dirasakan Indra Nosi, salah seorang ASN yang berdinas di kantor Bupati Pessel.

Sebagian besar kalangan ASN saat itu merasa kuatir akan terjadi gempa susulan yang lebih besar.

"Kami memang sempat panik ketika gempa terjadi. Makanya kami berupaya untuk lari keluar gedung agar terhindar dari ancaman tertimpa bangunan dan lainnya. Selain itu kami juga kuatir akan terjadi gempa susulan yang lebih besar," akunya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pessel, Doni Gusrizal, ketika dihubungi berharap agar masyarakat di daerah itu tidak panik ketika menghadapi gempa.

"Ini saya sampaikan sebab jika kita panik, maka kita akan kehilangan konsentrasi dalam melakukan tindakan. Selain tidak menimbulkan korban jiwa dan kerusakan pada bangunan, gempa yang berkekuatan 4,7 SR ini juga tidak berpotensi tsunami," katanya.

Walau demikian, dia tetap menghimbau kepada masyarakat di daerah itu tetap waspada terhadap gempa susulan.

Ditambahkan lagi bahwa guncangan gempa pagi itu tidak saja terasa di semua wilayah Pessel, tapi juga oleh daerah tetangga seperti Padang dan sekitarnya.(dan/hms pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!