Breaking News

Connect With us

August 11, 2022

Wabup Pessel Serahkan Bantuan Bedah Rumah kepada Warga Kurang Mampu di Tapan

                                                           10 Agustus 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Wakil Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rudi Hariyansyah menyerahkan bantuan bedah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kepada warga kurang mampu di dua kecamatan yaitu, Basa Ampek Balai Tapan dan Ranah Ampek Hulu Tapan, Selasa (9/8).


Saat penyerahan bantuan bedah rumah tidak layak huni itu Wakil Bupati, Rudi Hariyansyah  didampingi Wakil Ketua Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Pesisir Selatan, Masni dan Yudi Handri.

Pada kesempatan itu wabup menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Pesisir Selatan yang bergerak cepat menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu melalui program bedah rumah RTLH.

"Saya berharap bantuan bedah RTLH ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat penerima. Hari ini saya menyerahkan bantuan secara simbolis. Nanti pencairan bantuan akan dilakukan secara bertahap melalui rekening bank yang bersangkutan," kata bupati.

Rudi meminta agar bantuan itu digunakan secara benar, dan sesuai mekanisme yang ada agar masyarakat bisa menempati rumah yang layak. "Saya juga berharap bedah rumah tidak layak huni itu didukung dengan swadaya agar bantuan tersebut bisa dimaksimalkan," katanya.

Disebutkan, nagari bisa kena sanksi dua tahun tidak mendapat bantuan bedah rumah, jika penerima tidak memanfaatkan bantuan tersebut sesuai ketentuan. Oleh karena itu, walinagari diminta untuk mengawasi pelaksanaan bedah rumah agar berjalan dengan baik.

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Pesisir Selatan, Masni  mengatakan, bantuan bedah rumah tidak layak huni ini diberikan setelah dilakukan verifikasi langsung ke lapangan dan telah memenuhi syarat administrasi.

Ia juga menyampaikan, penyaluran program bedah RTLH oleh Baznas Pesisir Selatan dilakukan setelah  verifikasi langsung ke rumah-rumah yang mengajukan proposal bedah rumah.

Hal itu dilakukan agar program ini betul-betul tepat sasaran dan memenuhi asnaf penerima zakat. Selanjutnya agar tidak terjadi penyalahgunaan dana zakat dan menghindari calo-calo proposal. 

Kemudian pencairan dana Baznas Pesisir Selatan ditransfer langsung ke rekening penerima. "Semoga memberikan manfaat bagi mustahik yang menerima dan dibalasi pahala bagi Muzaki yang telah berzakat melalui Baznas Pesisir Selatan," katanya.(dan/hms Pessel)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!