Breaking News

September 14, 2022

20 Milyar, Dedikasi Indra Charismiadji Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan Sumbar


FS.Padang(SUMBAR)-
Dalam rangka meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam sistem pendidikan di Indonesia, seorang Praktisi dan aktivis yang sudah malang melintang didunia pendidikan nasional juga seorang konsultan DPR RI, Indra Charismiadji berhasil membawa program Kementerian Kominfo untuk tenaga pendidik yaitu Adopsi Teknologi Digital Sektor Pendidikan.


Bertempat di Hotel Mercure, kegiatan ini di ikuti oleh guru SMA/SMK se Kota Padang dan  berlangsung selama dua hari dari Rabu tanggal 14 sampai Kamis 15 September 2022. 


 "Saya sedikit memaksa agar program ini bisa dilaksanakan di Padang. Program ini rencana akan di laksanakan di beberapa daerah di Sumbar. Dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan di Mentawai," ujar Indra Pakar Pendidikan Digital Nasional.


Bukan kali ini saja Indra membawa Program dari Pusat. Namun sejak tahun 2021 Indra sudah  membawa Program dari Kementerian Pendidikan dengan melibatkan tenaga pendidik di Sumbar. Program ini dikenal dengan POP (Program Organisasi Penggerak) yang menggelontorkan dana hingga 20 Milyar.


Hingga kini kegiatan tersebut masih berlanjut bahkan hingga tahun 2023 nanti.


Kegiatan Indra untuk memajukan pendidikan di Sumbar akan terus  dikembangkan ke beberapa daerah khususnya di Sumbar. Guna mengubah sistem pendidikan di indonesia yang menurutnya sudah mengarah liberisasi dan komersialisasi dan itu sangat bertentangan dengan konsep pancasila sebagai pedoman negara kita sehingga cenderung menguntungkan salah satu pihak.


Kenapa ia pilih di Sumbar untuk penerapan program ini? karena masyarakat minangkabau ini terbuka pandangnya dan cenderung mau belajar hal yang baru dan itu nilai positif masyarakat minangkabau sejak jaman dulu. Dan Sumbar memiliki  potensi besar karena melahirkan orang-orang cerdas yang ikut andil membesarkan negara Republik Indonesia seperti  pejuang, sastrawan, pendidik, ulama dan wartawan hebat dimasa lalu. 


"Saya bersyukur menjadi bagian dari orang Minang karena kakek saya pernah hidup dan menetap lama di Tanah Minangkabau,” kata Indra sembari menyebutkan, kakeknya menjadi salah satu warga transmigrasi di Sijunjung (kini, Dharmasraya)" urai Indra yang kini menjadi Direktur Eksekutif Center for Education Regulations and Development Analysis (CERDAS).


Berbekal pengalaman bekerja di beberapa perusahaan tingkat dunia di Amerika Serikat seperti Merril Lynch, Omnicare, dan Dana Corporation, inilah yangmendasari Indra berperan aktif dalam mengembangkan mutu pendidikan di Indonesia. 


"Cara belajar anak didik di negara kita itu salah, yaitu mencari nilai saja bukan mencari ilmu nya . Padahal pendidikan yang balance itu ada 3 sentra yaitu rumah, sekolah dan masyarakat. Dan yang paling penting itu adalah sistem pendidikan di rumah. inilah sistem paling fundamental dalam membentuk karakter anak.  Nah..di negara kita  sistem pendidikan rumah ini tidak tersentuh.


Kedepannya Indra menyatakan akan membawa beberapa  program Nasional baik yang berasal dari dana APBN  Kementerian ataupun CSR. Salah satu program yg berasal dari dana CSR Microsoft adalah  pemberian Gratis Microsoft 365 ke Sekolah sekolah. Hal ini akan sangat menunjang  peningkatan SDM   sekolah sekolah di Sumbar.


Harapan terbesarnya adalah bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas,  kualitas  pendidikannya  bersaing dengan dunia maju dan bisa dinikmati segala lapisan masyarakat secara adil dan merata. (monsis)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!