Breaking News

Connect With us

September 12, 2022

Penilaian IGA 2022, Dinas Kominfo Padang Pariaman Usulkan Delapan Inovasi

                                                      12 September 2022

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Padang Pariaman,  usulkan delapan inovasi dalam penilaian Innovation Government Award (IGA) Tahun 2022 pada Senin (12/09/2022)


Delapan inovasi yang diusulkan sebagian telah dijalankan sejak 2020 yang lalu oleh Dinas Kominfo dan perangkat daerah lainnya dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman.


Sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2017 Tentang Inovasi Daerah.


Setiap daerah mengusulkan seluruh inovasi yang dilahirkannya untuk dilakukan penilaian oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). 


Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman mengusulkan 199 inovasi dalam upaya menciptakan pelayanan secara digital bagi masyarakat. Diantaranya, dari Diskominfo delapan inovasi yaitu sebagai berikut:


1. TATA SUREK (Tanda Tangan Surat Elektronik)

Tanda tangan surat elektronik merupakan salah satu bentuk implementasi teknologi informasi dalam pelaksanaan penyelengaraan Pemerintahan yang berbasiskan elektronik. Dimana Sebelumnya Menggunakan tanda tangan basah yang digantikan dengan berbasiskan Elektronik atau Digital.


2. MANDI UAP (Taman Digital Untuk Publik)

Taman digital merupakan sebuah tempat atau ruang publik yang menyediakan akses internet secara gratis. Dengan adanya taman digital ini masyarakat dapat mengakses informasi melalui internet dengan mudah dan murah.


3. ISI DADAMU (Info Statistik Daerah di Sosial Media Umum)

sosial media merupakan saluran publikasi dan informasi yang paling digemari dan banyak diakses oleh masyarakat saat ini, sehingga saat ini Kominfo Padang Pariaman melakukan sebuah Inovasi untuk Memberikan Info Statistik Daerah yang di Buatkan kedalam Media Sosial.


4. BIDADARI Podcast ( Bincang-bincang di uDara Podcast )

Podcast digunakan sebagai media Pemerintah Daerah untuk dapat menangkal berita Hoax yang berkembang dimasyarakat sehingga tidak terjadi kesalahan informasi oleh masyarakat, melalui Podcast Pemerintah Daerah akan memberikan klarifikasi dengan data-data yang otentik sehingga masyarakat lebih percaya terhadap informasi yang diberikan.


5. PPID CAKAP (Pusat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi Ciptakan layanan yang cepat, akurat, dan professional).

Pusat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) Cakap ini merupakan jawaban dari persoalan layanan informasi sebelumnya. Dimana dengan pengembangan sistem yang berbasiskan android layanan Pusat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat diakses melalui smarphone yang aplikasinya tersedia di playstore. Disamping itu ketersediaan data informasi pada aplikasi Pusat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) online selalu update dan dapat di download secara langsung.


6. SIAPKAN” dengan kepanjangan Sistem Informasi Administrasi Persuratan Kantor Sebuah Sistem Informasi yang mendigitalisasi proses penata usahaan surat eksternal maupun internal, mulai dari penerimaan surat, pengagendaan, pengelolaan disposisi, pendistribusian sampai penyimpanan dan pencarian kembali dokumen digital serta pembuatan draft surat, pengkoreksian sampai kepada penandatangan surat oleh yang berwenang dengan memanfaatkan tanda tangan digital termasuk juga penyimpanan dan pencarian kembali surat/dokumen dan pendistribusiannya.


7.  INTAN BERNIK ( INTEGRASI LAYANAN BERBASIS TEKNOLOGI)

Merupakan Super APP yang mengitegrasi seluruh Layanan Berbasis Elektronik Di Kabupaten Padang Pariaman.


8. PERON Berita (Publikasi Ekspres dan Online Berita)


Portal berita online menjadi satu produk dari perkembangan teknologi internet didunia jurnalisme. Kemunculan media ini sejalan dengan perkembangan audiens yang semakin dinamis dalam mencari informasi di media masa. Media online berupaya merebut hati pembacanya dengan menyajikan informasi yang mampu menjawab kebutuhan audien.


Terkait hal ini, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, sangat mengapresiasi seluruh perangkat daerah yang telah melahirkan inovasi untuk diusulkan tahun ini. Dia menyebut, ini bentuk komitmen pemerintah dalam memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan percepatan akses informasi. Dan dia juga berharap, lahirnya berbagai inovasi ini dapat mendorong budaya kerja yang inovatif dan kreatif.


“Rasa bangga dan apresiasi untuk Dinas Kominfo dan OPD lainnya yang telah berkontribusi menyumbangkan berbagai inovasi daerah, semoga ini menjadi bagian langkah mudah kita dalam mewujudkan Padang Pariaman Berjaya,” sebut Suhatri Bur saat di hubungi media ini di ruang kerjanya di Kantor Bupati Padang Pariaman di Parit Malintang, pada Senin (12/09).


Pada kesempatan itu juga, Kadis Kominfo Zahirman mengatakan akan menyosialisasikan berbagai inovasi yang telah dilahirkan ini ke seluruh OPD, kecamatan dan nagari. 


Dia menegaskan, berbagai inovasi tersebut dapat diimplementasikan diseluruh badan publik di Kabupaten Padang Pariaman.


"Mudah-mudahan berbagai kemudahan pelayanan dapat terwujud, apalagi badan publik yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," ungkapnya singkat.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!