Breaking News

Connect With us

October 20, 2022

Antisipasi Peredaran Narkoba, Seluruh Petugas dan WBP Lapas Kelas IIA Padang Lakukan Tes Urine


FS.Padang(SUMBAR)-
Seluruh petugas hingga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Padang (Lapas Padang) menjalani tes urine untuk mengantisipasi peredaran narkoba di dalam Lapas tersebut.


Tes urine ini dilakukan kepada seluruh Petugas dan Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di Lapas kelas IIA Padang bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat (Sumbar), Rabu (19/10/2022).


Tercatat,125 pegawai dan 1.022 warga binaan Lapas Klas IIA Padang secara bergantian diambil sampel urinenya.


Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya, mengatakan pelaksanaan tes urine ini bertujuan untuk memastikan lingkungan Pemasyarakatan di wilayah Kemenkumham Sumbar "Bersinar" (Bersih dari Narkoba) baik jajaran Pegawai maupun WBP, 


"Semuanya kami uji urinenya bersama dengan BNNP Sumbar. Tim BNNP mengawasi semua pelaksanaan, mulai menyediakan sarana dan dalam pengawasan pengambilan urine, sehingga tidak ada pemalsuan urine yang diambil,” ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, R Andika Dwi Prasetya,


"Tujuan tes urine ini, kata Andika, memastikan lingkungan Kanwil Kemenkumham bersih dari narkoba, baik jajaran pegawai maupun warga binaan. Sesuai instruksi pimpinan tertinggi Presiden Indonesia harus bersih dari narkoba.


“Tidak ada boleh anak bangsa terlibat baik dalam pengendalian, peredaran maupun penyalahgunaan narkoba. Dipastikan, narkoba itu banyak mudaratnya, tidak ada manfaatnya. Mari kita bersama membersihkan negara ini dari narkoba,” tegasnya.


Ini bentuk komitmen Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) sekaligus mewujudkan Lapas Padang Zero Halinar.


Andika mengungkapkan, Lapas Klas IIA Padang merupakan satuan kerja yang sekian dalam pelaksanaan tes urine bagi pegawai dan warga binaan. Sebelumnya, kegiatan ini juga dilakukan seluruh lapas dan rutan di Sumbar.


Sementara itu Kepala Lapas IIA Padang Era Wiharto, menyatakan bahwa tindakan ini merupakan sebagai salah satu wujud untuk menciptakan petugas Lapas dan binaan  Kelas IIA Padang yang bersih dan bebas dari narkoba.


“Kegiatan ini merupakan upaya Lapas Kelas IIA Padang untuk mencegah sumber daya manusia yang bekerja disini terlibat dengan narkoba. Jika kita ingin rumah kita bersih, maka hendaknya kita harus memakai sapu yang bersih. Bagaimana bisa kita membersihkan rumah menggunakan sapu kotor. Setidaknya pepatah itu menggambarkan maksud dilaksanakannya kegiatan ini. Kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumatera Barat,” ungkapnya.


Lapas Kelas IIA Padang telah berkomitmen untuk mewujudkan Zona Integritas. Budaya kerja berintegritas diwujudkan melalui pembangunan sumber daya manusia.


Seluruh petugas pemasyarakatan Kelas IIA Padang mengikuti kegiatan ini tanpa terkecuali mulai dari Kalapas, seluruh pejabat struktural eselon IV dan V, staf dan seluruh personil regu jaga  Petugas regu yang tengah melaksanakan tugas mengikuti tes urin secara bergantian (Rel/Ism)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!