Breaking News

Connect With us

October 4, 2022

Diskoperindag Tanah Datar Gelar Pelatihan Managemen Ekspor Produk Pertama

FS. Tanah Datar,   (SUMBAR) – Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan Sekretariat Jendral Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Dinas Koperasi Industri dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Tanah Datar gelar pelatihan managemen ekspor produk pertanian bagi Pelaku UMKM di Tanah Datar.


Pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Datar  Drs. Iqbal Ramadi Payana M. Si mewakili Bupati Tanah Datar bertempat di Emersia Hotel Batusangkar Selasa, (4/10).


Sekda mengatakan, Pemerintah Daerah  senantiasa mendorong pemberdayaan pelaku UMKM agar lebih kuat kedepannya, baik dalam segi permodalan, sumber daya manusia, managemen, dan pemasaran sehingga terdapat penguatan disektor perekonomian dan pelaku UMKM tetap menjadi pertahanan dan andalan di daerah.


“Kami berharap pelaku UMKM kedepannya dapat menangkap peluang agar lebih produktif hingga menjadi motor penggerak ekonomi dan memiliki daya saing, berkaulitas,” kata Sekda.


Sekda menjelaskan, saat ini di Tanah Datar terdapat kurang lebih 28.811 pelaku UMKM yang bergerak diberbagai sektor, diantaranya sektor krajinan, kuliner, souvenir, dan lainnya.


Kabupetan Tanah Datar juga memiliki produk unggulan namun belum dapat berkembang seperti yang diarapkan disebabkan kendala yang dihadapi.


Namun kendala tersebut adalah tantangan yang harus dihadapi dan proses bisnis yang harus diperbaiki, seperti produksi, penetapan harga, kemasan, kebersihan, kesehatan, dan serfikasi halal.


Sekda berharap melalui pelatihan ini SDM pelaku UMKM dapat meningkat dan berdaya saing sehingga bisa menembus pasar nasinoal dan internasional.


“Tentu pelatihan  juga sejalan dengan visi misi daerah yaitu meningkatkan ekonomi masayarakat dan perluasan lapagan kerja  berbasis pertanian industri dan UMKM,” katanya.


Sementara itu Zulkifli dari Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan Sekjen Kemendag menyampaikan pada pelatihan tersebut pihaknya menghadirkan fasilitator berkompeten dan diharapkan kepada peserta untuk dapat mengikuti pelatiahan dengan baik.


Sebelumnya Kadis Koperindag Tanah Datar Hendra Setiawan mengatakan pelatihan itu diikuti sebanyak 30 orang pelaku usaha binaan Dinas Koperindag dan Pertanian Tanah Datar.


Pelatihan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan terkait bagaimana persiapan dan persyaratan teknis dalam memasuki pasar internasional dan eskpor.


Untuk mewujudkan kegiatan ini Pemkab Tanah Datar bekerjasama dengan Pusat Pelatiahan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa perdagangan Kemenetrian Perdagangan RI.


“Bagi Dinas Koperindag penelitan ini akan menjadi tolok ukur untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan peserta pelatihan untuk merebut pasar luar negeri dan merebut ancaman dari pada kompetitor di daerah ataupun dari negara lain,” katanya.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!