Breaking News

Connect With us

October 12, 2022

Kepala BPKD Padang Pariaman : Sewa Kendaraan Dinas Lebih Efisien dari Beli Baru

                                                           12 Oktober 2022

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Kepala Dinas Badan Pendapatan Keuangan Daerah (BPKD) Dan Aset Taslim Letter mengatakan sewa kendaraan untuk operasional organisasi perangkat daerah (OPD) lebih efisien dari pada membeli mobil baru.


"Setelah dicek kesitem untuk sewa kendaraan dinas diluar sewa harian, BPKD Padang Pariaman telah menganggarkan Rp 1,3 milyar ditahun 2022. Dengan angka sewa pertahun setiap unit kendaraan berfariasi"ujar dia Rabu (12/10/2022) di ruang kerjanya.


Lanjut Taslim, dengan rata-rata Rp 5 juta/bulan atau Rp 60 juta/tahun, untuk 1 unit kendaraan mobil operasional dinas yang disewa.


Lebih lanjut Taslim menuturkan, Sebagaimana Peraturan Bupati (Perbup) yang dikeluarkan tahun 2021 dan mulai melakukan sewa kendaraan dinas di tahun 2022.


"Dengan dasar setelah kita melakukan kajian, sistem sewa kendaraan dinas lebih efisiensi anggaran. Sebagaimana dalam aturannya pemerintah daerah atau OPD yang mengoperasikan kendaran, hanya dikenakan kewajiban untuk mengisi BBM (Bahan Bakar Minyak) saja,"ungkap dia.


Sedangkan lanjut dia, diluar BBM atau biaya pemeliharaan dan perawatan ditanggung oleh pihak ketiga seperti servis, ganti aki dan ban. Sehingga tidak lagi memakai dana atau membebani APBD.


"Pedoman kita dalam melakukan penyewaan berdasarkan pada E-Katalog. Yang mana pihak ketiga harus memiliki jaringan nasional,"ungkap dia.


Lanjutnya, jika terjadi kerusakan saat memakai kendaraan dimana dan kapan saja, dalam waktu lebih dari 4 jam maka akan datang mobil pengganti.


Kemudian lanjutnya, kendaraan yang disewa merupakan tahun tinggi maksimal pengeluaran 3 tahun dibelakang, maksimal perjalanan 20.000 kilo meter.


"kita mengambil yang terbaru tahun pengeluaran awal 2022. Jumlahnya di BPKD 6 unit, Bapelitbangda 5 unit, Diskominfo 1 unit, dan Disdukcapil 2 unit. Tahun depan ada juga penggantian kendaran dinas yang sudah tua,"ujarnya.


Lanjut dia, banyak pertimbangan terkait cash flow keuangan daerah antara sewa kendaraan dengan beli baru. Ditengah kondisi defisit saat ini. "Hanya saja warna Nopol polisinya tidak berwarna merah, tentu tidak ada lagi kesan pejabatnya," tutup Taslim dengan senyum. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!