Breaking News

Connect With us

October 17, 2022

Makanan Khas Balai Kamih, Pakandangan Buka Malam Hari?


                                         Oleh Yohanes Wempi

Fokussumatera.com - Balai Kamih, Pakandangan merupakan balai legendaris bagi masyarakat 2X11 Enam Lingkung, Nan Sabaris, Sungai Sariak dan Sumatera Barat yang ingin membeli ternak (balai taranak). Para warga kaum era old mengetahui keunggulan Balai Kamih, Pakandangan, Piaman tersebut.


Disamping terkenal dengan balai taranak, Balai Kamih, Pakandangan juga terkenal dengan makanan khas untuk sarapan pagi. Dibandingkan sarapan/makanan khas Balai Koretaji (Pasar Koretaji) Kota Pariaman, makanan/sarapan pagi Balai Kamih, Pakandangan lebih banyak variasinya.


Penulis sudah 6 tahun tidak masuk kedalam los lambung Balai Kamih tersebut. Kemarin, Minggu mencoba singgah disini, Alhamdulillah, sampai hari ini makanan khas, makan tradisional untuk sarapan pagi masih tersedia lengkap disini.


Tampa basa basi Penulis cicipi beberapa jenis makanan lansung seperti ketupat gulai paku, Penulis coba juga sate khas Piaman, dimakan juga bubur putih, tidak luput dimakan juga kanji baincek, dan lainnya. Ternyata rasa masih enak, makanan yang rekomendit bagi netizen yang suka tour kuliner pokoknya.


Soal makanan sarapan pagi Balai Kamih ini, setelah kemarin kembali mencobanya, Penulis mengajak semua pembaca dan warga Minangkabau untuk sarapan pagi kelos lambuang Balai Kamih, Pakandangan, Piaman ini. Jika enaknya makanan Balai Kamih ini, dibandingkan Balai Koretaji yang terkenal. Menurut selera Penulis masih enak makan dilos lambuang Balai Kamih ini. Silahkan datang dan coba.


Walaupun Penulis sudah lama tidak kesana, kembali berkunjung, masih terbayang kenangan masa-masa dahulu sering berbelanja dibalai ini. Lokasi masih asli, bangunan belum ada perubahan, bentuknya masih seperti tahun 90an. Memberi kenangan tersendir bagi alumninya.


Namun yang namanya waktu berjalan, masa terus berlalu, musim berganti, los lambuang Balai Kamih ini perlu dilakukan perbaikan-perbaikan yang tetap mempertahankan bentuk keaslian bangunannya. Setelah itu perlu ditambah fasilitas pendukung memperindah dan membuat los lambuang Balai Kamih, Pakandangan makin menarik.


Kuliner Balai Kamih, Pakandangan dengan menu makanannya yang enak, diciptakan bisa juga ditemukan dimalam hari, artinya los lambuang Balai Kamih dimalam hari buka. Jika dimalam hari buka, insyallah memberikan daya tarik tersendiri bagi pencinta makan-makan enak dinegeri ini.


Penulis meyakini jika los lambuang Balai Kamih buka dimalam hari banyak yang akan berkunjung, budaya los lambung Balai Kamih rame dimalam hari sudah sering dilakukan, tahun 80an pernah diadakan pameran, pernah juga 90an Penulis diadakan film layar tancap setiap Minggu.


Artinya dibuka los lambung malam Balai Kamih tidak memulai hal baru, tapi hanya mengulangi sejarah kembali meriahnya Balai Kamih dimalam hari. Apalagi menu makan tersedia tetap seperti pagi hari, akan memberikan maknet yang membuat Balai Kamih lebih ramai berkunjung dimalam hari, 


Balai Kamih Pakandangan termasuk aset strategi urang Piaman yang perlu dikembangkan, apalagi Balai Kamih, Pakandangan terletak dipusat Ibukota Kabupaten Padang Pariaman, yang pengunjung dan penghuninya butuh sarapan dan makan malam yang enak.[*]

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!