Breaking News

October 26, 2022

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Lapas Alahan Panjang Gelar Kegiatan Wawasan Kebangsaan



FS.Alahan Panjang(SUMBAR)-
Dalam Rangka Semangat Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2022, Lapas Kelas III Alahan Panjang melakukan Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara bagi Pegawai, CPNS dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Alahan Panjang.


Lapas Alahan Panjang berkomitmen melakukan Pembinaan terhadap Pegawai dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) salah satunya melalui Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Kesadaran Bela Negara. Kegiatan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini dilakukan bersama dengan Komando Rayon Militer (Koramil) 0309-10 Lembah Gumanti yang dipimpin oleh Letda IFT Irwan Can.


Wawasan Kebangsaan merupakan Salah Satu Pengetahuan Penting bagi Warga Negara Indonesia, melalui Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara ini, Warga Negara Indonesia akan memiliki Rasa Bela Negara dan Cinta Tanah Air. Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara adalah Bagian Pemahaman bagi Warga Negara Indonesia.


Adapun Wawasan Kebangsaan merupakan Komponen yg sangat mendasar bagi Bangsa Indonesia. Wawasan Kebangsaan adalah Konsep yg membedakan Bangsa Indonesia dengan Bangsa-bangsa lain di dunia ini. Tujuan Wawasan Kebangsaan adalah Membangun dan Mengembangkan Persatuan dan Kesatuan, salah satu manfaatnya adalah timbulnya Rasa Menjiwai, Semangat Bangsa ini membuat Wawasan Kebangsaan menjadi salah satu cara mewujudkan pemerintahan yg stabil. 


Ada 4 pilar yang dimaksud dalam kegiatan ini yaitu bagaimana kita memahami Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 , paham dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan paham terhadap Bhinneka Tunggal Ika. 4 pilar ini adalah satu kesatuan untuk mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur. 


Darwan selaku Kalapas juga menambahkan, Kegiatan bela Negara ini untuk membangun dan meningkatkan rasa kebersamaan, semangat dan wawasan kebangsaan, membangun disiplin, tanggung jawab, dan kesadaran berinteraksi sosial, kelompok dan bernegara serta mengimplementasikan nilai bela negara kepada warga binaan pemasyarakatan, agar selama yang bersangkutan berada di dalam lapas, narapidana senantiasa berkelakuan baik dan setelah bebas nantinya dapat berinteraksi secara sehat dengan lingkungan masyarakatnya.


Saat kegiatan, Darwan memberikan Pertanyaan kepada WBP, dan apabila dapat menjawab, akan diberikan Reward. WBP sangat antusias dalam mengikuti dan menjawab pertanyaan yang di berikan Kalapas. Ini membuktikan bahwa WBP Lapas Alahan Panjang masih menjunjung tinggi jiwa Nasionalisme dan Cinta Tanah Air.


Dalam hal ini juga disampaikan bahwa Bangsa yg baik adalah Bangsa yang tidak melupakan Sejarah Perjuangan para pendahulu nya, semoga kegiatan Wawasan Kebangsaan bermanfaat bagi seluruh peserta kegiatan. Adapun peserta nya adalah Pejabat Struktural, Staf, CPNS dan WBP Lapas Alahan Panjang.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!