Breaking News

Connect With us

October 14, 2022

Pertama Kali, Festival Petani Milenial Digelar di Tanah Datar



FS. Tanah Datar (SUMBAR),-Festival Petani Milenial sejalan dengan potensi perekonomian Kabupaten Tanah Datar yang didominasi oleh sektor pertanian, sehingga pembangunan di bidang pertanian menjadi prioritas bagi pemerintah sebagaimana pada misi ke 2 RPJMD tahun 2021-2026, yakni meningkatkan ekonomi masyarakat dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri dan UMKM. 

Ini disampaikan Bupati Tanah Datar Eka Putra saat membuka acara Festival Petani Milenial tahun 2022, di Gazebo Indojolito, Jumat (14/10) dengan tema 'Membangkitkan Semangat Milenial Menjadi Petani Yang Kreatif dan Inovatif. 


Untuk mencapai misi tersebut kata Bupati, beberapa upaya yang dilakukan diantaranya meningkatkan produksi dan prokduktivitas pertanian, menurunkan biaya produksi serta meningkatkan hilirisasi dan pemasaran komoditi pertanian. 


Dikatakannya lagi, kehadiran petani milenial juga harus dapat meresonansi generasi muda lainnya untuk bisa mengembangkan lagi pertanian dalam arti luas. "Sektor pertanian adalah sektor yang menjanjikan, disaat semua sektor mencatat pertumbuhan negatif sektor pertanian justru meningkat. Untuk itu menjadi petani adalah hal keren," ujar Bupati. 


Dikesempatan itu Bupati Eka Putra juga berkisah bahwa sekitar lima bulan yang lalu dirinya pernah bertemu dengan beberapa anak muda yang memilih menjadi seorang petani. 


"Saya bertemu adik-adik di Islamic Centre sekitar bulan Mei yang lalu, Saya senang ternyata ada anak-anak muda Tanah Datar yang mau memilih untuk menjadi seorang petani dan menyadari bahwa masa depan ada di sektor ini. Saya menilai mereka adalah anak-anak muda yang pintar dan pandai melihat peluang, yang menyadari masa depan ada di sektor ini," sampai Bupati. 


"Hari ini Saya sampaikan  bahwa predikasi terbukti, karena petani milenial Tanah Datar merupakan anak-anak muda yang luar biasa. Saya dengan bangga menyampaikan diseluruh Indonesia baru petani milenial Tanah Datar yang berani menggelar event khusus pertanian bertajuk Festival Petani Milenial," kata Eka Putra. 


Lebih jauh Bupati Eka Putra menyampaikan bahwa saat ini ekonomi dunia tidak dalam baik-baik saja dan diprediksi ke depan akan semakin parah. 


"Saya harap kita siap menghadapi situasi ini, karena kita sudah pernah menghadapi pandemi. Dan sudah terbukti sektor pertanian mampu menjadi penyelamat ekonomi bangsa ini," harap Eka lagi. 


Untuk itu tambah Bupati, kedepan para petani milenial Tanah Datar harus mampu menjadi motor terdepan  dan terdepan sebagai penyumbang ekonomi dan juga lapangan pekerjaan. 


"Lakukan berbagai terobosan dan inovasi, jangan mau menyerah dengan keadaan. Petani milenial harus jadi garda terdepan dalam menggarap lahan-lahan tidur dan pekarangan di Tanah Datar," pesan Bupati diakhirpenyampaiannya. 


Sementara sebelumnya Ketua Komda petani milenial Tanah Datar Siti Maisyaroh menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah upaya untuk membangun gerakan bangga menjadi petani khususnya di kalangan milenial Tanah Datar. 


"Target kami saat ini untuk menularkan virus bangga jadi petani. Kami juga akan membuat program kerja turun ke sekolah, membuat koperasi, galeri produk petani milenial, dan banyak mimpi lainnya," ujar Maisyaroh. 


Maisyaroh juga menerangkan bahwa untuk saat ini jumlah petani milenial Tanah Datar tercatat sebanyak 169 orang saja dengan berbagai usaha baik on farm maupun off farm mulai dari petani padi, cabe, sayur-sayuran, pertanian organik, pengusaha jagung, budidaya maggot dan lain sebagainya. 


Disampaikan Maisyaroh, pada festival Petani Milenial Ini juga diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Luhak nan Tuo Agro Expo, seminar, sharing session, dan juga lomba mewarnai. 


Pada kesempatan itu juga dilakukan pengukuhan Komda Petani Milenial Tanah Datar oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra. 


Tampak hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH Forkopimda Tanah Datar, Kabiro Perekonomian Setda Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov Sumbar, Kadis Pangan Pemprov Sumbar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Asisten Ekobang Abdul Hakim, Direktur Politeknik Pembangunan Medan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten/Kota se Sumatera Barat, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Tanah Datar, Korwil Duta Petani Milenial dan Duta Petani Andalan Sumatera Barat dan undangan lainnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!