Breaking News

Connect With us

October 19, 2022

Wako Genius Umar Luncurkan Inovasi Puskesmas se Kecamatan Pariaman Timur

                                                           18 Oktober 2022

FS.Pariaman(SUMBAR)-Wali Kota Pariaman Genius Umar didampingi oleh Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin meluncurkan inovasi yang dibuat oleh puskesmas diwilayah Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman pada Selasa (18/10/2022).


Peluncuruan inovasi dilakukan pada kegiatan germas badunsanak milenial dan PKK Pantasting yang bertempat di halaman Kantor Camat Pariaman Timur Kota Pariaman


Dalam sambutannya, Genius Umar mengapresiasi kegiatan ini dan inovasi yang telah diciptakan oleh puskesmas di wilayah Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman.


“Ini langkah yang bagus dan terus kembangkan inovasi yang telah dibuat. Saya menyambut baik apa yang dilakukan Puskesmas, yang tidak berhenti melakukan inovasi. Bahkan mampu melahirkan inovasi,"ujarnya.


Pemerintah Kota Pariaman dibawah kepemimpinan Wako Genius Umar dan Wakil Walikota Mardison Mahyuddin sangat mengparesiasi OPD dilingkungan Pemko Pariaman yang telah berhasil melahirkan inovasi – inovasi yang mampu meningatkan pelayanan terhadap masyarakat.


Genius juga menuturkan dalam berinovasi jangan pusing mencari nama, tapi bagimana inovasi bisa berlanjut, bermanfaat dan minta dinikmati oleh masyarakat. Paling utama dalam inovasi adalah keberlanjutan kemanfaatan untuk kita semua.


Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Nazifah mengatakan ada 2 (dua) Puskesmas yang telah berhasil melahirkan inovasi, yaitu Puskesmas Air Santok dan Puskesmas Kampung Baru Padusunan.


“Untuk Puskesmas Air Santok inovasi yang telah dilahirkan adalah Cetar Penting (Cepat Tanggap Responsif Pencegahan Stunting), Kacambah (Kamis Ceria Makan Buah), Kampiun Segar ( Kamis Pagi untuk Sehat dan Bugar), Yanti Bersatu ( Pelayanan Terintegrasi Tuberculosis Satu Pintu), Kartu Ampuh ( Kartu Atasi Masalah dengan PATUH- PTM), Bidadari Keluarga ( Bidan Datangi Sendiri Imunisasi ke Keluarga), Halo Uwas ( Hasil Labor Melalui WA dan SMS), CTM ( Cocok pasien, Tepat obat, Mengerti Indikasi). Inovasi Puskesmas Kampung Baru Padusunan, yaitu Jumparikes (Jum’at pagi Periksa Kesehatan), SPBU (Selasa Pagi Makan Buah), Motor Persija, Cabe Keriting, Tol TB Plus Testi Pandemi, Sudik Manih terasic, Hoyak Tabuik, Geraksi, Berdering Digital, Semen Galmor dan Rampingku, “ ungkapnya.


Peresmian inovasi ini dilakukan bersamaan dengan pelaksanan Germas (gerakan masyarakat hidup sehat). Pada kegiatan ini sekaligus dilaksanakan penanda tanganan komitmen bersama dalam rangka mewujudkan Kecamatan Pariaman Timur stop buang air besar sembarangan 100 % Tahun 2022.


“Banyak kegiatan lainnya yang kita lakukan pada hari ini. Tujuannya adalah  untuk mensosialisasikan bagaimana hidup sehat yang dimulai dari keluarga kita. Tujuan lainnya adalah  sebagai bentuk realisasi 2 puskesmas di Kecamatan Pariaman Timur untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang akhirnya nanti meningkatkan usia harapan hidup, “ tutupnya.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!