Breaking News

October 26, 2022

Wako Pariaman Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi

                                                           26 Oktober 2022

FS.Pariaman(SUMBAR)-Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Launching Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kota Pariaman Tahun di SMP N4 Pariaman pada Rabu (26/10/2022).


Dimana kegiatan ini dilakukan serentak di 514 Kabupaten dan Kota seluruh indonesia.


Untuk Kota Pariaman, ada 2 (dua) sekolah yang di launching, SMP N 4 Pariaman dan MAN Padusunan Pariaman.


Kegiatan dimulai dengan senam pagi bersama, sesi edukasi interaktif ceria, sarapan pagi bersama, pemberian aksi konsumsi TTD (Tablet Tambah Darah) dan dilanjutkan dengan pemeriksaan HB (Hemoglobin) untuk remaja putri.


Dia menyampaikan, Indonesia merupakan contoh negara dengan tiga masalah gizi pada anak dan remaja, yaitu Stunting, Obesitas dan Anemia. 


"Khusus Anemia, hari ini kita melaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bergizi tingkat Kota Pariaman, dalam hal memberikan sosialisasi, terkait anemia, kepada pelajar di SMP N 4 Pariaman," pungkasnya.


Genius menjelaskan angka kejadian anemia di Indonesia terbilang masih cukup tinggi. Berdasarkan data Riskesdas 2018, prevalensi anemia pada remaja, sebesar 32 %, artinya 3-4 dari 10 remaja, menderita anemia. 


Hal tersebut dipengaruhi oleh kebiasaan asupan gizi yang tidak optimal dan kurangnya aktifitas fisik.


“Melihat tingginya kasus anemia di indonesia, Kementerian Kesehatan dan UNICEF menginisiasi kegiatan Aksi Bergizi.


Mulai dilaksanakandi Kabupaten Klaten dan Kabupaten Lombok Barat, melalui advokasi, mobilisasi sekolah dan masyarakat. 


"Koordinasi multi sektor, penguatan kapasitas serta pemantauan dan evaluasi, dan terus dilanjutkan sampai saat ini,” ungkapnya.


Genius berharap, kegiatan ini dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan AksiBergizi secara rutin. 


Sebagai bentuk upaya meningkatkan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri, sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional, ucapnya.


“Remaja yang sehat adalah remaja yang fisiknya kuat, gizi yang yang seimbang, membiasakan makan buah, melakukan olahraga teratur, dan dapat mengelola stres dengan baik, dengan demikian kita dapat menciptakan generasi yang unggul dan handal, sehingga, nantinya akan tercipta generasi yang handal, yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan daerah dan negeri kita tercinta ini,” tutupnya. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!