Breaking News

Connect With us

November 4, 2022

Bupati Padang Pariaman Berikan Wejangan pada Pelatihan Manajemen Organisasi Pemuda

                                                      02 November 2022

FS.Pariaman(SUMBAR)-Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur memberi wejangan kepada para pemuda pada Pelatihan Manajemen Organisasi Pemuda (LMOP) yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, bertempat di Grand Rocky Hotel Bukittinggi, kemarin Rabu (02/11).


Bupati mengatakan, pemuda sebagai generasi penerus bangsa harus punya kemampuan untuk mengetahui potensi diri. 


Disamping itu, seorang pemuda juga harus miliki pengetahuan untuk menggunakan pola pikir, apalagi jika dikaitkan dengan soal kepemimpinan.


"Coba gali tipe kepemimpinan apa yang kita miliki, kemudian menjadikannya bahan untuk melakukan perubahan karakter ke arah yang lebih baik," ujar dia


Di kesempatan yang sama, Bupati Suhatri Bur juga memberi motivasi bagi peserta pelatihan yang diikuti oleh para generasi muda Padang Pariaman tersebut, untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi agar siap menghadapi tantangan dalam berorganisasi untuk mewujudkan organisasi pemuda yang maju, mandiri dan profesional.


Maka katanya, sangat penting memahami otak kiri dan otak kanan, karena dari sana bisa diketahui apakah kita suka tantangan atau lebih suka teoritis. Menurutnya, cara mengambil keputusan itu sangat mempengaruhi pola kepemimpinan seseorang. 


"Ada kepemimpinan tipe otoriter, tipe mengayomi dan lain sebagainya yang berasal dari karakter masing masing. Tetapi semuanya bisa dibentuk," tambah Aciak sapaan akrabnya.


Lebih lanjut, Suhatri Bur yang juga aktivis pemuda dimasanya ini menerangkan, menjadi pemimpin itu harus dimulai dari hal-hal kecil, keluarga dan tingkat nagari.


"Organisasi-organisasi kepemimpinan itu tidak bisa instan. tapi berproses dan proses itu harus dilalui sebagai tempat belajar


Bupati Padang Pariaman juga menyebut arti pentingnya menguasai teknologi di era 4.0 saat ini. Menguatnya peran marketplace dan artificial inteligent menyebabkan berubahnya kehidupan. Lalu terangnya, banyaknya pasar dan mall yang tutup karena pasar online terus berkembang, itu akibat perkembangan teknologi informasi yang pesat.

 

"Oleh sebab itu, selaku pemuda kita harus menangkap peluang ini. Banyak pekerjaan baru yang tidak ada pada zaman sebelumnya karena perkembangan teknologi, sekarang kesempatan itu terbuka lebar," ulasnya lagi


Seperti programmer, system analist dan lain sebagainya. Semuanya merupakan kesempatan dan peluang baru bagi pemuda untuk memanfaatkannya.


"Kemudian dia mengajak, agar pemuda Padang Pariaman meningkatkan kepeduliannya terhadap perkembangan lingkungan, berani menghadapi tantangan, dan kreatif serta inovatif,"ungkap dia.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!