Breaking News

Connect With us

November 8, 2022

Lapas Alahan Panjang Diajari Pembekalan Ilmu Benteng Jaga Diri Oleh Kemenkumham Sumbar


FS.Alahan Panjang(SUMBAR)-
Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Sumbar) memberikan Pembekalan Ilmu Benteng Jaga Diri Bagi Pegawai Lapas Kelas III Alahan Panjang dan Rutan Muara Labuh sekaligus melakukan Panen Bawang Merah untuk Ketahanan Pangan, Senin (07/11).


Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar, Muhammad Ali Syeh Banna, Bc. I.P, S.Sos, M.Si. 


Dalam kegiatan itu, sebanyak 16 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang berasal dari dua UPT Pemasyarakatan yang berbeda mengikuti Pembekalan Ilmu Benteng Jaga Diri. Lapas Kelas III Alahan Panjang  sebagai tuan rumah, dengan CPNS sebanyak 10 orang, dan Rutan Kelas IIB Muara Labuh sebanyak 6 Orang CPNS. Selain CPNS, seluruh Pegawai Lapas Alahan Panjang juga mengikuti kegiatan ini. Dalam kegiatan ini turut hadir Sarwono selaku Karutan Muara Labuh.


Pembekalan Ilmu benteng jaga diri ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan CPNS yang di agendakan langsung oleh Kadiv Pas Kanwil Kumham Sumatera Barat. 


"Materi yang diberikan dalam kegiatan ini meliputi jurus pelindung diri, teknik mematahkan benda keras, teknik kesehatan dan kebugaran, teknik terapi sehat lahir batin serta keberanian kita menghadapi kehidupan ini, kata Muhammad Ali Syeh Banna.


Kalapas Alahan Panjang, Darwan, SH.MH menjelaskan bahwa pembekalan Bela diri sangat berguna untuk seluruh pegawai pemasyarakatan terutama Pegawai Lapas Alahan Panjang.


"Karena kita berhadapan langsung dan membina narapidana, jadi pembekalan benteng jaga diri sangat perlu dipelajari, ujar Darwan.


Kegiatan dimulai dengan Sholat Dzuhur berjamaah kemudian Seluruh Pegawai diberikan Pembekalan oleh Bapak Kadiv Pas yang terbagi 2 yaitu yang pertama pembekalan ilmu untuk menjaga kebugaran, kesehatan pernafasan, menjaga kesehatan lahir dan batin, yang kedua menarik dan menyalurkan energi serta terapi sehat. Selain Pegawai, WBP Lapas Alahan Panjang juga diberikan terapi kesehatan oleh Bapak Kadiv Pas. Bapak Kadiv Pas juga memberikan sesi tanya jawab dan yang bisa menjawab dapat Reward. Seorang CPNS Lapas Alahan Panjang an Velix Gozaly mendapatkan reward Buku Dzikir Pagi dan Petang serta Seorang WBP an Zal juga mendapatkan Reward Buku Dzikir Pagi Dan Petang.

 


Lapas Alahan Panjang juga mendapatkan 5 buah Al-Qur'an dari Bapak Kadiv Pas. Pegawai Lapas Alahan Panjang sangat Antusias karena mendapat Ilmu pembekalan yang sangat bermanfaat serta Para WBP Lapas Alahan Panjang sangat berterimakasih kepada Bapak Kadiv Pas Kemenkumham Sumbar karena juga telah di ajari terapi sehat yang sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari.


Selain Ilmu Benteng Jaga Diri dan Terapi Sehat, Bapak Muhammad Ali, bersama Bapak Darwan dan Bapak Sarwono melakukan Panen Bawang Merah untuk ketahanan Pangan. Ketahanan Pangan merupakan program Pemerintah terutama Kanwil Kemenkumham Sumbar dan Lapas Alahan Panjang berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga Ketahanan pangan. Ketahanan pangan merupakan program untuk pemulihan pasca Covid-19 yang melanda Indonesia.


Ditempat terpisah, Bapak Kadiv Pas diwawancarai oleh Chyntia (Humas Lapas Alahan Panjang), Bapak Kadiv Pas menyampaikan kesan dan pesan saat baru datang di Lapas Alahan Panjang dimana saat pertama kali masuk ke dalam Lapas, Lapas Alahan Panjang keadaannya sangat rapi dan bersih serta pegawai yang ramah dan selalu tersenyum untuk memberikan pelayanan terbaik dan juga dengan semangat dan keantusiasan Para Pegawai mengikuti kegiatan ini, Bapak Kadiv Pas sangat mengapresiasi ini.


Darwan selaku Kalapas Alahan Panjang juga mengucapkan terima kasih atas ilmu dan pembekalan yang diberikan oleh Bapak Kadiv Pas, karena ilmu ini sangat bermanfaat dan berguna untuk pegawai, dan terapi sehat juga sangat berguna untuk WBP Lapas Alahan Panjang.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!