Breaking News

Connect With us

November 17, 2022

Sepulang dari Daejon, Bupati Padang Pariaman akan Matangkan Konsep Smart City

                                                      17 November 2022

FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Bupati Suhatri Bur mengatakan, bagi Sumatera Barat, Kabupaten Padang Pariaman merupakan pintu gerbang untuk menuju ibukota dan daerah-daerah sekitarnya, baik melalui transportasi udara maupun darat. 


Disamping itu lanjutnya, Kabupaten Padang Pariaman ini sangat strategis dari segi letak geografisnya. Tak heran, jika kemudian Padang Pariaman disebut “Window Display of West Sumatera”.


Dia mengatakan, upaya mematangkan konsep smart city tersebut makin disempurnakan dalam perjalanan sepekannya di Korea Selatan.


Bupati yang akrab disapa aciak ini menceritakan, setelah mengunjungi kota cerdas di Daejeon, bersama sejumlah kepala daerah peserta "Studi Banding Implementasi Kota Cerdas" selama 6 hari yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika di Seoul, pada Rabu (9/11).


Di Ibu Kota Korea Selatan itulah dia banyak mengali inovasi terkait smart city, mulai dari penerapan CCTV, 3D sebuah kota, dan lain sebagainya.

  

‘’Daerah kita juga harus punya CCTV canggih. Di Seoul CCTV sudah diaplikasikan untuk banyak hal,’’ katanya menegaskan didampingi Kepala Diskominfo Zahirman pada Rabu (16/11/2022)


Lebih lanjut, Suhatri Bur menyampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman memang sudah punya sejumlah CCTV. Tetapi dia mengakui jumlahnya masih terbatas. 


Di Seuol itu katanya, dia dan rombongan juga disuguhkan tampilan Kota Seoul dalam bentuk 3D. Seperti layaknya tampilan satelit google maps. 


Namun, mereka mengambil gambar sendiri. Artinya, bukan mengambil dari google. Tampilan gambar lebih baik dan bisa diputar maupun dilihat dari sudut manapun. 


"Kemampuannya juga perlu di-update. Jadi, seolah-olah kita berdiri di tengah kota. Ini bisa disuguhkan untuk wisatawan. Misalnya bingung mau kemana, bisa melihat di layar 3D dulu,’’ urainya lagi.


Kemudian dia menegaskan, smart city di Kabupaten Padang Pariaman harus maksimal. Dengan study banding smart city ini, dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang telah melibatkan Padang Pariaman di dalamnya. 


Makanya pasca kunjungan tersebut, Suhatri Bur lansung memerintahkan Kadis Kominfo untuk melakukan kajian dan menyiapkan rencana anggaran penyediaan CCTV dan fasilitas pendukung lainnya pada APBD Tahun 2023. Hal ini katanya, guna dapat mengimplementasikan tekhnologi smart city di Kabupaten Padang Pariaman secara bertahap


“Kita sudah menyaksikan secara lansung implementasi smart city di Kota Seoul. Untuk itu agar Dinas Kominfo dapat menyiapkan rencana dan pengganggaran penggadaan CCTV serta Infrastruktur lainnya. Minimal terdapat 10 titik area publik yang sudah dapat dipantau melalui CCTV atau kamera monitor”, pungkasnya.


Untuk itulah Bupati Padang Pariaman sangat getol dalam usaha menjadikan Kabupaten Padang Pariaman sebagai kota cerdas.


Dalam kesempatan yang sama, Kepala Diskominfo Zahirman mengatakan akan menyikapi instruksi Bupati tersebut dan akan menyusun rencana strategisnya lebih lanjut. 


Namun dia berharap dukungan dari seluruh perangkat daerah, agar perjuangan penerapan smart city yang telah digagas sejak beberapa tahun belakangan ini dapat segera dimaksimalkan.


"Selama study banding kemarin, banyak hal yang dapat diadobsi oleh Padang Pariaman. Semua itu sudah disaksikan langsung oleh Bupati, sehingga beliau berharap segera disikapi,"tangkas Zahirman.(wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!