Breaking News

Connect With us

November 15, 2022

Tahun 2023 Pessel Dapat DAK 22 Miliar dari Pemerintah Pusat

                                                      14 November 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Tahun 2023, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) memperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp 22 miliar dari pemerintah pusat. Dana itu akan dipergunakan untuk pengembangan sektor pertanian tanaman pangan seperti peningkatan sarana produksi, benih unggul, penerapan teknologi tepat guna dan lainnya. Demikian disebutkan Kepala Dinas Pertanian Pesisir Selatan, Mardianto, Senin (14/11) di Painan.


Dikatakan, Pesisir Selatan merupakan kabupaten yang terbesar memperoleh DAK bidang pertanian di Provinsi Sumatera Barat tahun 2023. "Kita bersyukur memperoleh DAK yang begitu besar untuk pengembangan sektor pertanian. Mudah-mudahan tahun berikutnya meningkat lagi," harapnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan fokus pada peningkatan ekonomi kerakyatan, salah satunya pengembangan sektor pertanian tanaman pangan.

"Kabupaten Pesisir Selatan memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan menjadi basis ekonomi masyarakat dengan beberapa komoditi unggulan seperti padi dan jagung," katanya.

Pihaknya mengajak petani  memanfaatkan lahan terlantar dengan menanami komiditi tanaman pangan, dengan demikian petani bisa mendapatkan manfaat selain lahan bisa jadi produktif juga meningkatkan penghasilan petani.

Disebutkan, pengembangan sektor pertanian tanaman pangan perlu sinergi antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah nagari. Kemudian juga butuh dukungan sumber daya manusia berkualitas serta program pembangunan pertanian tanaman pangan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian.

Selanjutnya, Dinas Pertanian juga terus mendorong petani agar meningkatkan Luas Tambah Tanam (LTT) untuk mewujudkan swasembada dan kedaulatan pangan nasional.

Disebutkan lebih lanjut, lahan sawah beririgasi yang tersebar di wilayah Kabupaten Pesisir Selatan juga terus dioptimalisasi untuk menggenjot produksi padi yang menjadi sumber ekonomi masyarakat.

"Lahan sawah beririgasi itu tetap mendapat perhatian, dimana pemkab mengupayakan lahan tersebut digarap secara maksimal untuk tanaman padi yang pada gilirannya meningkatkan ekonomi masyarakat Pesisir Selatan," katanya.

Lebih lanjut menurutnya, sejauh ini sektor pertanian masih menjadi basis ekonomi masyarakat Pesisir Selatan. Sebab, daerah ini memiliki lahan pertanian yang cukup luas, dan sebagian besar masyarakatnya berusaha di sektor pertanian.

“Sektor pertanian juga mempunyai peran penting dalam sumbangan ekonomi serta penguatan pangan masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan selama ini,” ungkapnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!