Breaking News

December 23, 2022

Dalam Rangka Pengamanan Nataru, Polres Tanah Datar Gelar Operasi Lilin Singgalang 2022


FS. Tanah Datar (SUMBAR)- Dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar Operasi Lilin Singgalang 2022 secara serentak di seluruh  Indonesia. Untuk Polres Tanha Datar menyediakan 2 Pos yaitu Pos Pelayanan (Posyan) di Jalan Cindo Mato dan Pos Pengamanan (Pospam) di Simpang Ombilin.


Terkait Operasi Lilin Singgalang 2022 tersebut, Kapolres Tanah Datar AKBP Rully Indra Wijayanto, S.I.K, M.Si menjelaskan bahwa Operasi Lilin Singgalang tahun 2022 ini digelar dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru.


Kapolres Tanah Datar juga turunkan Tim gabungan sebanyak 250 orang Tim Gabungan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) agar masyarakat aman dan nyaman dalam merayakan Natal dan Tahun Baru,sekaligus mengantisipasi terjadinya kemacetan lalu lintas. Hal itu disampaikan kapolres Rully pada saat melakukan Monitoring kesiapan Operasi Lilin Singalang 2022 di Pos Pelayanan di Jalan Cindo Mato, Jum'at (23/12/2022)." 


Sebanyak 250 orang tim gabungan Polres Tanah Datar yang dilibatkan Ops Natal dan Tahun Baru, terang Rully terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub, Senkom, Dinkes, BPBD,  dan Pers Saka Bahayangkara. 


Lebih lanjut Kapolres jelaskan, kedepannya akan dilihat perkembangan situasi dan kondisi yang ada di lapangan. "Saat ini  ada 2 Pos, Pos Pelayanan dan Pos  Pengamanan. Namun kita akan lihat perkembangan situasi dan kondisi yang ada, kalau memungkinkan ditambah akan kita tambahkan Pos-Pos  Pengamanan yang lain, misalnya di objek-objek wisata atau di lokasi yang rawan kemacetan" lanjut Kapolres. 


Sementara untuk mengantisipasi kemungkinan adanya lonjakan Covid-19 pasca libur Natal dan Tahun Baru, Kapolres Rully jelaskan Petugas tetap memberikan himbauan untuk tetap menjaga disiplin Protokol Kesehatan (Prokes).


" Kita akan tetap melakukan himbauan kepada masyarakat untuk taat Prokes, kemudian di tempat - tempat objek wisata juga akan diberikan himbauan-himbauan tersebut. Kita mengharapkan di tempat-tempat objek wisata juga terpasang Aplikasi Peduli Lindungi" terang Rully.


Sementara untuk budaya membunyikan petasan-petasan maupun kembang api pada saat Perayaan Natal dan Malam Pergantian Tahun, Kapolres Rully katakan pihak Kepolisian juga Pemerintah Daerah juga telah memberikan himbauan untuk tidak menggunakan petasan-petasan yang berbahaya dalam perayaan Natal dan Tahun Baru. Rully katakan, kembang api atau petasan ada ketentuan dan aturannya, dan sampai saat ini belum ada permohonan izin terkait penggunaan petasan yang memang memerlukan perizinan khusus. Pihaknya juga terus melakukan pemantauan terhadap banyaknya pedagang petasan, kembang api atau sejenisnya yang biasanya marak muncul pada saat mendekati momen perayaan Natal dan Tahun Baru.


Di akhir penyampaian nya , Kapolres Rully berharap dalam pelaksanaan Operasi Lilin Singgalang 2022 ini berjalan dengan aman dan tertib, dalam artian seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah Natal maupun kegiatan malam pergantian tahun bisa berjalan dengan lancar, masyarakat bisa merayakan dengan baik, aman dan tertib.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!