Breaking News

January 24, 2023

Ketua DPRD Sumbar Minta PWI Tindak Oknum yang Rusak Profesional Wartawan



FS.Padang(SUMBAR)-
Ketua PWI Sumbar, Basril Basyar didampingi Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Zul Efendi bersama jajaran pengurus diterima Ketua DPRD Sumbar Supardi, Selasa (24/1-2023) diruang rapat pimpinan DPRD Sumbar.


"Audiensi ke Ketua DPRD Sumbar dalam rangka memperkenalkan kepengurusan PWI Sumbar yang baru periode 2022-2027. Ketua DPRD Sumbar selama ini sangat intens mendukung PWI Sumbar terutama memfasilitasi anggaran hibah ke PWI," ujar Basril Basyar. 


Basril Basyar juga berharap, agar Ketua DPRD Sumbar Supardi bisa menghadiri Hari Pers Nasional (HPN), yang diselenggarakan Februari mendatang. 


"Kami berharap pak Ketua DPRD dan Gubernur bisa hadir dalam acara HPN di Sumatera Utara pada February 2023 mendatang, dan berharap ada event nasional yang bisa dibawa ke daerah ini," pintar Basril Basyar. 


Sekaitan dengan pertemuan tersebut, Zul Efendi mengatakan kepada Ketua DPRD Sumbar, agar tidak ada keraguan lagi terhadap legitimasi PWI Sumbar. 


"Hadir hari ini bentuk komitmen PWI Sumbar menjaga hubungan baik dengan stakholder, adanya dinamika sebelum ini, setelah dilantik tentu ketua tidak meragukan legitimasi PWI Sumbar, dan berharap pertemuan  ini menammbah referensi dari Ketua DPRD terhadap PWI Sumbar," ujar Zul Efendi. 


Dalam menerima rombongan Pengurus harian dan Badan Kehormatan PWI, Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan pers bagi DPRD adalah simbiosis mutualisme, produk DPRD tidak akan bermakna ke masyarakat tanpa adanya rekan-rekan wartawan.


"Diracik wartawanlah maka produk DPRD bisa sampai dan dimaknai masyarakat," ujar Supardi. 


Bahkan Supardi memastikan kepengurusan PWI Sumbar yang diisi tokoh pers dan pekerja pers berpengalaman tentu makin memperkuat legitimasi. 


"Adanya tokoh pers dan pekerja pers berpengalaman tentu memperkuat legitimasi PWI Sumbar saat ini. Adanya dinamika di PWI, tentu terjawab dengan keberadaan tokoh pers dan pekerja berpengalaman," ujar Supardi didampingi Kabag Keuangan Setwan DPRD Sumbar dan Ketua Forum wartawan Parlemen Sumbar, Novrianto. 


Audiensi PWI dengan Ketua DPRD dihadiri banyak pengurus diantaranya Sekretaris PWI Sumbar Firdaus Abie, Bendahara PWI Sumbar Jayusdi Efendi, Wakil Ketua PWI Sumbar M Kudri, Sawir Pribadi, Yosrizal, Wakil Sekretaris Aidil dan Seksi Hukum Guspa, dua anggota DKP  Emil Mahmudsyah dan Adrian Tuswandi. 


PWI harus menjadikan wartawan sebagai profesi mulia. 


"Jangan jadikan profesi diakui UU ini sebagai batu loncatan, apalagi karena setengah hati jadi wartawan merusak mulianya profesi jurnalis yang diatur UU Pers, Kode Etik Jurnalistik," ujar Supardi.


Ketua DPRD Sumbar juga meminta agar PWI bisa bertindak tegas pada wartawan yang merusak profesional wartawan,  karena satu yang berbuat maka semua akan terkena imbasnya. 


"Kita berharap agar PWI bisa bertindak tegas pada wartawan, khususnya pada anggota PWI, sementara yang tidak anggota bisa dibantu untuk menyampaikan pada Dewan Pers," tambah Supardi. 


Pernyataan dan permintaan Ketua DPRD Sumbar Supardi mendapat respon positif dari rombongan PWI, dan akan menyikapi semua laporan masuk,guna peningkatan marwah wartawan. (***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!