Breaking News

February 16, 2023

Akper Nabila Lakukan Pengabdian Masyarakat di Posyandu Lansia Kampung Manggis


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Akademi Keperawatan (Akper) Nabila Padang Panjang gelar Sosialisasi dan Pemeriksaan Kesehatan di Posyandu Lansia, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padang Panjang Barat (PPB).


Kegiatan yang dilakukan berupa cek tekanan darah, cek glukosa darah, cek asam urat dan cek kolesterol untuk masyarakat Kampung Manggis, Kamis (16/2).  


Program tersebut merupakan kegiatan rutin bulanan Puskesmas Kebun Sikolos dan beberapa mahasiswi Akper Nabila ikut  berkolaborasi dalam kegiatan itu. 


Lebih kurang 30 warga Kampung Manggis mengikuti edukasi dan pemeriksaan kesehatan yang berlangsung di salah satu rumah warga.


Ns. Febria Syafyu Sari, M.Kep selaku dosen menjelaskan, kegiatan ini merupakan pemenuhan untuk capaian kompetensi mahasiswa untuk mata kuliah promosi kesehatan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. 


“Pengabdiaan masyarakat ini bertemakan "Deteksi Dini dan Manajemen Kecemasan pada Pasien Diabetes Melitus'. Bertujuan agar masyarakat mengetahui tentang diabetes melitus. Kampung Manggis merupakan survei tertinggi untuk wilayah kerja Puskesmas Padang Panjang. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Puskesmas Kebun Sikolos dan empat mahasiswi Akper Nabila yaitu Tika, Dya, Uci dan Dinda,” jelasnya.


Salah satu warga, Liza Victoria (55) mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan seperti ini selalu dihadirkan di tengah-tengah masyarakat karena masih banyak warga yang abaikan kesehatan.


Kegiatan ini juga didampingi Deri selaku Kepala Bagian Pandu PTM Puskesmas Kebun Sikolos. Ia menambahkan, untuk pemeriksaan yang dilakukan adalah cek tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol dan cek asam urat. 


“Dari hasil yang diperiksa, beberapa pasien dianjurkan untuk rujuk kesehatan ke Puskesmas terdekat. Akan dipantau selama tuga bulan, terutama pasien dengan riwayat gula tinggi, asam urat dan kolesterol tinggi," tambahnya. 


(Ernawati | Elin | Rifki)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!