Breaking News

February 3, 2023

Bapelitbangda Padang Pariaman Gelar Konsultasi Publik

Bapelitbangda Gelar Konsultasi Publik

Padang Pariaman---
Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Padang Pariaman menggelar Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2024 di Hall IKK Parit Malintang, pada Kamis (02/02).

Forum diskusi tersebut digelar dalam rangka mendorong partisipasi masyarakat dalam memperkuat kapasitas perencanaan daerah dan turut serta menyusun rencana pembangunan daerah tahun 2024.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam arahannya mengungkapkan, RKPD memuat arah dan kebijakan pembangunan daerah selama satu tahun dan menjadi dasar bagi perumusan perencanaan pembangunan daerah. Berdasarkan hal tersebut, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004, maka Pemerintah Daerah diwajibkan untuk menyusun rencana kerja.

"RKPD merupakan upaya pembangunan secara berkesinambungan, terencana dan sistematis yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan seluruh komponen masyarakat dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nyata dan berkelanjutan," lanjutnya.

Forum ini merupakan tahapan penting dari rangkaian proses penyusunan RKPD Kabupaten Padang Pariaman tahun 2024. Sejalan dengan visi dan misi maka tema tentatif pembangunan daerah tahun 2024 adalah Penguatan Sektor Pertanian, Perdagangan, dan Pariwisata untuk mewujudkan Ketahanan Ekonomi Masyarakat.

"Setiap program kegiatan yang disusun harus berorientasi pada anggaran yang berbasis kinerja, yang tidak hanya memperhitungkan input, proses, dan output saja. namun harus memiliki efek outcome, dan manfaat nyata bagi kehidupan masyarakat di Kabupaten Padang P ariaman sehingga anggaran pembangunan yang dibuat berdampak positif demi kesejahteraan masyarakat," pesannya.

Sebelumnya, Sekretaris Bapelitbangda Masri dalam laporannya berharap nantinya para peserta forum konsultasi publik dapat memberikan masukan dan saran untuk penyempurnaan rancangan awal RKPD di Kabupaten padang Pariaman pada tahun 2024 demi tercapainya sasaran pembangunan yang telah ditetapkan. (rel/fs)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!