Breaking News

February 9, 2023

Cegah Stunting, Ketua TP PKK Pessel Kunjungi Posyandu Berikan Gizi Tambahan


                                                          09 Februari 2023

FS.Pessel(SUMBAR)-Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Ny. Yunesti Rusma Yul Anwar mengunjungi Posyandu Dahlia II di Painan Selatan, Kamis (9/02).


Dalam kunjungan itu, Ketua TP-PKK didampingi oleh Kabid Kesmas Dinkes Apt. Fitria, S. Farm., Kasi Promkes Emmi Fauzianti, SKM., dan Kepala Puskesmas Salido Dr. Muhammad Faisal

Hadirnya Ketua TP PKK Pesisir Selatan Ny. Yunesti Rusma Yul Anwar untuk menyapa anak-anak serta memberikan gizi tambahan berupa susu dan makanan tambahan.

“Posyandu sebagai garda terdepan dalam menekan angka stunting. Berkunjung menyapa ibu-ibu hebat dan anak-anak yang lucu dan cerdas,” ucapnya

Adapun tujuan pemberian gizi tambahan kepada anak-anak PAUD ialah memenuhi kebutuhan gizi, dalam membentuk generasi yang sehat menuju generasi Indonesia Emas 2045.

Ny. Yunesti sengaja turun ketengah masyarakat sebagai upaya konvergensi pencegahan stunting di Kabupaten Pesisir Selatan.

Sehingga dengan diberikannya tambahan gizi akan mampu mencegah terjadinya stunting pada anak-anak di Pesisir Selatan

“Tujuan dilaksanakan ini untuk memberikan makanan tambahan pada anak balita untuk memenuhi gizi anak,” ujar Yunesti

Ia menjelaskan Stunting merupakan adanya hambatan pada tumbuh kembang anak. Kondisi ini sering terjadi kepada anak-anak dengan rentang usia 24-59 bulan. 

"Stunting ditandai dengan kondisi balita yang memiliki tinggi badan kurang dari balita lain seusianya atau memiliki tinggi badan di bawah standar pertumbuhan," katanya

Ia menerangkan, stunting termasuk dalam gangguan pertumbuhan yang diakibatkan karena tidak sesuainya jumlah asupan gizi yang harus diterima dan kurangnya kualitas gizi tersebut. Masalah kesehatan ini akan menyebabkan terganggunya tumbuh kembang anak, terutama dalam seribu hari pertama kehidupan (HPK). 

"Orang tua yang minim pengetahuan mengenai pemberian gizi seimbang akan sangat berbahaya apabila tidak segera diberi penyuluhan. Maka, pentingnya pemahaman mengenai kualitas dan kuantitas gizi yang harus diberikan pada anak merupakan satu langkah pencegahan stunting," jelasnya

Pada kesempatan itu, Ny. Yunesti Rusma Yul Anwar juga berdialog dengan para petugas Posyandu dan warga, sekaligus memberikan edukasi tentang peran penting dari orang tua sebagai pelindung utama anak-anak, dan hadir sebagai sosok yang memberikan kenyamanan di lingkungan keluarga sehingga membentuk ketahanan keluarga.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!