Breaking News

February 9, 2023

Hadiri HPN 2023, Wako Fadly Amran Temui Perantau Minang di Medan


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Usai hadiri acara puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023, Kamis (9/2) Wali Kota, H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano temui perantau minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) dan Gebu Minang di Kota Medan, Sumatera Utara.


Pertemuan yang dilakukan di RM Garuda Medan itu bertujuan untuk bersilaturahmi dengan perantau dan melakukan forum diskusi terkait perkembangan kampung halaman.


Wako Fadly yang hadir bersama rombongan Pemko, Forum Jurnalis Keterbukaan Informasi Publik (FJKIP) Sumbar, Jaringan Pemred Sumbar (JPS), Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Padang Panjang, disambut Sekretaris DPD IKM Medan, Zulfan Iskandar, S.Ag beserta pengurus, serta hadir juga Ketua Gebu Minang Kota Medan, Ir. Herri Trisna Frianto, M.T.


Fadly mengatakan dirinya sangat senang bisa hadir dan bersilaturahmi dengan para perantau Minang yang ada di Kota Medan.


"Saya berterima kasih kepada dunsanak-dunsanak kami yang ada di Medan yang sudah menyempatkan diri untuk hadir bersilaturahmi. Selain bersilaturahmi, pertemuan ini juga bisa kita manfaatkan untuk bisa saling berdiskusi apa-apa saja masukan ataupun saran yang bisa kita lakukan demi pembangunan di kampung halaman kita," tuturnya.


Fadly sedikit menceritakan tentang Kota Padang Panjang, mulai dari perkembangan pendidikan, ekonomi, budaya dan juga pariwisata.


Sementara itu, Zulfan juga turut mengucapan terima kasih kepada wali kota beserta rombongan yang sudah berkenan bertemu dan berkumpul dengan perantau yang ada di Medan.


Zulfan juga menyampaikan apresiasinya yang kepada Wako Fadly yang sudah membawa perubahan dan kemajuan bagi Kota Padang Panjang selama kepemimpinannya.


Pertemuan tersebut dilanjutkan dengan forum diskusi perantau dengan wali kota yang membahas beberapa hal yang ada di Sumatera Barat. Di antaranya mengenai pendidikan, penanganan ekonomi, peningkatan peran cadiak pandai di kampung halaman, sampai diskusi penanganan permasalahan anak diusia dini.


Sebelum pertemuan dengan perantau Minang, puncak peringatan HPN 2023 dipusatkan di Gedung Serba Guna Pemprov Sumut.


Puncak HPN ini dibuka Presiden RI, Ir. Joko Widodo yang juga dihadiri Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, Panglima TNI, Kapolri, Kasad, Kasau, Kasal, menteri kabinet, ketua Dewan, ketua PWI, kepala daerah, dan anggota PWI se-Indonesia.

Dalam sambutannya, Jokowi menyampaikan terima kasih atas nama masyarakat dan juga pemerintah kepada PWI atas kontribusinya kepada bangsa dan negara.


"Sejak awal, awak media berkontribusi besar dalam menyuarakan ajakan perjuangan kemerdekaan, menyuarakan inovasi-inovasi pembangunan dan menjadi penopang utama  demokratisasi," ucapnya.


Lebih lanjut ia mengatakan, menkominfo baru saja mengajukan izin prakasa mengenai rancangan Perpres tentang kerja sama perusahaan platform digital dengan perusahaan pers untuk mendukung jurnalisme yang berkualitas. Berkaitan hal itu, Jokowi menyarankan Perpres tersebut harus bisa rampung dalam sebulan ke depan.


Di tengah suasana saat ini, katanya, insan media arus utama (media maintream) justru sangat dibutuhkan. Untuk menjadi rumah penjernih informasi, menyajikan informasi yang terverifikasi  dan menjalankan peran sebagai communication of hope yang memberikan harapan semuanya.


"Peran media kini semakin penting untuk mengamplifikasi kebenaran dan menyingkap fakta terutama di tengah keganasan post  truth  atau pascakebenaran," tuturnya.


Selain itu, Jokowi juga meminta kepada seluruh pihak untuk mendukung keberadaan media arus utama. Untuk tetap eksis berkelanjutan media arus utama harus melakukan inovasi-inovasi, harus adaktif terhadap teknologi dan melakukan langkah-langkah strategis.


Sementara itu, Wako Fadly melalui Kominfo mengucapkan selamat HPN yang bertemakan Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat. "Semoga ini bisa menjadi momentum untuk semakin meningkatkan peran pers sebagai peranti demokrasi yang mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya 


Dalam peringatan HPN juga dilakukan penyerahan Anugerah Kebudayaan kepada 10 kepala daerah kabupaten/kota se-Indonesia. Yang mana, Fadly Amran juga sudah mendapatkan anugerah tersebut pada peringatan HPN 2022 di Kendari, Sulawesi Tenggara. 



(Ernawati | Elin | Rilis)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!