Breaking News

February 3, 2023

Ingin Seleksi KI Objektif, Top Media dan Organisasi Pers Diterima Elite DPRD Sumbar

                                                          03 Februari 2023

FS.Padang(SUMBAR)-Babak baru seleksi komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar untuk periode jabatan 2023-2027 mulai memanas. 


Proses penilaian akhir sudah dilakukan, tapi komisioner terpilih telah beredar, hal itu mengusik kalangan jurnalis yang pro objketifitas dalam memilih lembaga sebagai pengawal keterbukaan informasi publik, berdasarkan Pasal 28 UUD 1945, UU 14 Tahun 2008 dan Perki 4 tahun 2016 tentang Seleksi Komisi Informasi. 


Belasan top media yang tergabung di PWI, JPS, IJTI, PJKIP dan PFI hadiri hearing dengan Pimpinan DPRD Sumbar langsung diterima Ketua DPRD Supardi, Wakil Ketua Suwirpen dan  Ust Irsyad Syafar, Jumat (3/1-2023) di Ruang sidang Khusus I. 


"Kami tidak demo, kami menyampaikan aspirasi secara elegan soal seleksi KI,  yang kami tahu, Ketua DPRD tidak tukang tanda tangan hasil saja," ujar Nofrianto Ucok sebagai juru bicara pada hearing tersebut.


Ketua DPRD Sumbar Supardi pada hearing dengan top media sebelum sholat jumat tadi itu menegaskan nama komisioner Komisi Informasi (KI) Sumbar 2023-2027 yang beredar itu anggap saja kabar burung. 


"Belum ada pengumunan resmi dari DPRD Sumbar, jadi anggap saja nama beredar itu kabar burung, forum hearing ini tidak perlu ada perdebatan, DPRD bekerja sesuai dengan regulasi dan Tatib DPRD sendiri," ujar Supardi didampingi Wakil Ketua DPRR Sumbar Ust Irsyad Syafar dan Suwirpen. 


Pada saat penyampaian aspirasi secara bergantian disampaikan Isa Kurniawan, Defri Mulyadi, Saribulih, Effendi dan Adrian Tuswandi, dialog aspirasi dipimpin langsung Ketua DPRD Supardi. 


"Kami ini pekerja beralaskan profesional, sehingga itu ketika hasil objektif kami tidak akan bergejolak, namun kalau penilaian objektif apalagi didasari karena bingitisasi," ujar Adrian Tuswandi yang pernah mengikuti dua kali fit and proper test,  Komisi I DPRD Sumbar yaitu 2014 dan 2019.


Isa Kurniawan menekankan supaya komposisi  KI Sumbar periode 2023-2027 proporsional antara incumbent dengan komisioner lainya. 


Defri Mulyadi yang juga Ketua IJTI menekankan secara tidak tertulis dan sudah menjadi kebiasaan kompaisi itu harus ada unsur pers. 


Saribulih minta pemilihan KI Sumbar harus transparan harus ada skornya. 


Sedangkan Efendi menekan KI Sumbar mesti terus diback-up DPRD dan Pemprov Sumbar. 


Supardi memastikan proses akan berasaskan transparansi dan mengacu kepada regulasi. 


"Jangan ragukan DPRD soal ini," ujarnya. 


Novrianto menegaskan DPRD  selama ini komunikatif dan aspiratif. 


"Jangan karena soal ini mitra strategis pers dan DPRD rusak," ujar Novrianto. (***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!