Breaking News

February 16, 2023

Kategori Maju, Kelompok Dasawisma Euphorbia II Punya Banyak Kegiatan


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Kelompok Dasawisama Euphorbia II yang menjadi wakil Kota Padang Panjang dalam penilaian Dasawisma Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2023, merupakan salah satu dari 60 kelompok Dasawisma yang ada di Kelurahan Koto Panjang, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT).

Kelompok Dasawisma ini berada di RT 14 dengan klasifikasi maju. Terdapat 15 rumah yang terdiri dari 22 kepala keluarga dengan berbagai jenis pekerjaan.

Sebagai mitra kerja Pemko dalam menyejahterakan keluarga, yang kegiatannya bertitik tolak dari 10 program PKK sebagai pedoman. Berbagai kegiatan digelar kelompok ini, seperti pertemuan rutin setiap bulan, pengajian, tahsin Al Quran, sosialisasi Paaredi, penyuluhan pranikah, penyuluhan mengenai narkoba.

Selain itu ada juga kegiatan rutin lainnya seperti badoncek atau pengumpulan sumbangan sukarela, beras genggam, yasinan ke rumah warga serta gotong royong yang digelar sekali sebulan.


Di Dasawisma Euphorbia II memiliki berbagai macam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) seperti usaha kikil/tunjang, kue kaktus, kue bawang. Untuk memudahkan pemasaran, beberapa usaha tersebut telah dimasukkan atau di-pin up ke aplikasi Google Maps.


Bahkan usaha Tmtunjang di sini merupakan pemasok untuk beberapa rumah makan yang ada di Kota Padang Panjang dan Bukittinggi.


Di samping itu, di Dasawisma ini ada juga pemilahan sampah, pembuatan ecoenzym, pemanfaatan pekarangan dengan tanaman bermanfaat.


Untuk mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), kader Dasawisma menempel stiker tidak merokok dan stiker PHBS pada setiap rumah anggota.


Karena kiprahnya dimasyarakat yang sangat aktif, Suarni salah seorang kader ditunjuk sebagai ketua Dasawisma Euphorbia II. Sebagai ketua kelompok, dirinya telah melakukan pendataan, pencatatan di kelompok Dasawisma tersebut.


Pendataan dilakukan dengan mengunjungi dari rumah ke rumah warga sehingga diketahui langsung kondisi warga yang sebenarnya.


Melalui lomba Dasawisma berprestasi tingkat provinsi ini, Suarni berharap dapat memberikan manfaat kepada kelompoknya. "Mudah-mudahan kita bisa juara dalam lomba ini dan bisa mengharumkan nama Kota Padang Panjang," harapnya.


(Ernawati | Elin | Andes)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!