Breaking News

February 16, 2023

Pelayanan Dukcapil Sarolangun Terakomodir Sistem Aplikasi

Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME

FS.Sarolangun(JAMBI)-
Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi saat ini telah resmi melakukan launching penggunaan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD), yang bisa di dapatkan dengan mendownload di play store pada smartphone.


Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME mengatakan bahwa aplikasi IKD ini memiliki multi fungsi bagi masyarakat yang mana KTP digital bisa dibawa kemana-mana dan ketika berurusan cukup menunjukkan KTP digital.


" Kelebihannya banyak karena memiliki multi fungsi. IKD nanti akan ada BPJS kesehatan, ada data dtks penerima bantuan sosial, sertifikat vaksin juga, yang pegawai ada kartu pegawai, NPWP akan tersinkron secara otomatis," katanya, Kamis (16/02/2023) kepada media ini.


Untuk saat ini, lanjut Riduan bahwa e-KTP digital pihaknya sudah gencar melakukan sosialisasi pembuatannya di kantor dukcapil dan di tempat umum, dan untuk sementara ini pihaknya fokus melaksanakan antar OPD. " Kemarin  kiita laksanakan di rumah sakit. Awal ini target semua pns dan masyarakat yang datang ke dukcapil semuanya kita buatkan IKD ini, IKD ini fungsinya sama seperti KTP manual," katanya.


Selain itu, Riduan menambahkan Ketika berurusan yang membutuhkan kartu kartu tinggal menunjukkan KTP digital di Handphone masing masing, sedangkan untuk keamanan data, tetap akan terjamin karena untuk masuk ke dalam aplikasi tersebut membutuhkan kata sandi yang hanya diketahui oleh pengguna.


" Untuk segi keamanan data otomatis lebih aman, karena untuk mendapatkan IKD harus melalui proses pendaftaran dan sandi yang dikirim langsung ke email akun yang mendaftar," katanya.


Penulis : Iksan id

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!