Breaking News

February 15, 2023

Petugas Pantarlih Datangi Rumah Ketua DPRD Sumbar Lakukan Proses Coklit

                                                          15 Februari 2023

FS.Payakumbuh(SUMBAR)-Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) bersama jajaran KPU Payakumbuh didampingi KPU Sumbar melakukan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit) di rumah Ketua DPRD Sumbar Supardi, Rabu (15/2). Sesuai KTP, Supardi bersama keluarga tercatat sebagai warga Kelurahan Padang Tinggi Piliang, Payakumbuh.


Komisioner KPU Sumbar, Yuzalmon menyampaikan, petugas Pantarlih melakukan pendataan dan pencocokan ke kediaman Supardi yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Sumbar. Dalam coklit, diketahui ada empat orang yang masuk dan memiliki hak pilih. Yakni Supardi, istrinya, dan dua anaknya.


"Kami disambut baik oleh Ketua DPRD Sumbar. Proses coklit dilakukan oleh petugas Pantarlih dengan melihat dokumen kependudukan yang dibutuhkan," katanya.


Yuzalmon menyebutkan saat ini proses coklit dilakukan serentak. Data yang harus disiapkan adalah Kartu Keluarga dan KTP Elektronik. Lalu, akan dilakukan coklit, yakni berapa anggota keluarga yang berhak menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024 mendatang. Lebih lanjut, para petugas Pantarlih menggunakan identitas penanda khusus, yakni seragam berupa rompi, topi, tanda pengenal dan surat keputusan.


Ditambahkan, para petugas akan menempelkan stiker di rumah warga yang telah selesai didata. Stiker ditempelkan di tempat yang mudah dilihat, seperti pintu rumah.


Sementara itu, Ketua DPRD Sumbar Supardi menyambut baik kedatangan petugas Pantarlih bersama jajaran KPU Payakumbuh, KPU Sumbar dan jajaran Bawaslu.  


Supardi mengimbau agar masyarakat menyambut baik petugas Pantarlih ketika mendatangi rumah warga. Pasalnya proses coklit ini penting dalam menyukseskan Pemilu 2024.


"Berikan data yang benar. Tentu kepedulian warga ini akan mendukung pelaksanaan Pemilu agar berjalan dengan baik," katanya.


Di sisi lain, Supardi menyampaikan agar pantarlih juga melakukan tugas sesuai dengan ketentuan yang ada. "Tentunya petugas Pantarlih ini sudah dibekali soal proses coklit. Masyarakat harus mendukung pantarlih ini dengan menyiapkan data dan lainnya," katanya.


Pada kesempatan itu Komisioner Bawaslu Sumbar M Khadafi, Ketua dan anggota Bawaslu Kota Payakumbuh, PPK PPS Panwascam PKD. (*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!