Breaking News

March 9, 2023

Hadapi Ramadan, Mendagri Minta Daerah Hitung Stok Pangan


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Menghadapi Ramadan 1444 H, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah menghitung stok pangan penting di daerah masing-masing. Hasil penghitungan, datanya harus dikirimkan pada Rabu (8/3) lusa.


Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Koordinasi Monitoring dan Evaluasi Mingguan Pengendalian Inflasi yang diikuti Sekdako, Sonny Budaya Putra, A.P, M.Si bersama beberapa instansi terkait secara daring, Senin (6/3) di Ruang VIP Balai Kota.


Dalam pengendalian inflasi di daerah, kata Mendagri Tito, setiap kepala daerah harus memperkuat kerja sama antardaerah. Dengan pemenuhan komoditas dari daerah yang surplus dengan daerah yang kekurangan komoditas, serta menjalin koordinasi untuk hambatan dan kendala moda transportasi barang dan jasa.


"Silakan Bapak Ibu Kepala Daerah, mengikuti langkah Bapak Presiden turun ke pasar mengecek langsung harga-harga. Beliau sangat paham harga beras, kemudian juga harga cabai. Pun Beliau juga mengerti bawang merah, telur ayam ras, daging ayam, daging sapi. Hafal beliau luar kepala," kata Tito.


Sementara itu, Kabag Perekonomian dan Sumberdaya Alam Setdako, Putra Dewangga, S.S, M.Si menyebutkan, kabupaten/kota di Sumatera tidak lagi masuk dalam 10 besar daerah dengan kenaikan IPH (Indeks Perkembangan Harga) tertinggi nasional seperti yang terjadi minggu IV Februari.


"Namun masih terdapat empat daerah yang masuk 10 besar dengan kenaikan IPH tertinggi di regional Sumatera. Yaitu Kota Solok (3,3%), Kabupaten Limapuluh Kota (2,56%), Sijunjung (2,52%), dan Padang Pariaman (2,51%)," ungkapnya.


Dijelaskannya, pada minggu pertama Maret 2023, IPH Kota Padang Panjang berada pada posisi 0,12%. Yang artinya perkembangan harga di kota ini relative stabil. 


“Fluktuasi tertinggi pada telur ayam ras dan bawang merah. Beras stabil selama hampir dua bulan terakhir di angka Rp16.625 untuk beras kualitas I, Rp15.525 untuk beras kualitas II dan Rp14.750 untuk beras kualitas III,” jelasnya.


Sementara cabai merah, jelasnya lagi, menunjukkan tren penurunan dari Rp67.875 pada akhir pekan lalu menjadi Rp55.250 pada akhir minggu pertama Maret 2023 ini. Turun sebesar Rp12.625 atau 18,60%.  


"Sedangkan bawang merah yang selama tiga minggu berturut-turut dilaporkan mengalami penurunan harga, naik tipis dari Rp32.000 menjadi Rp32.250," imbuhnya.


Ditambahkannya, harga rata-rata minyak goreng curah juga turun sebesar Rp1.000 (-5,88%) dari Rp17.000/kg menjadi Rp16.000/kg.


"Sejumlah komoditi lain berfluktuasi namun tidak mempengaruhi stabilitas harga di Padang Panjang," tuturnya. 


(Ernawati | Elin | Andes)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!