Breaking News

March 6, 2023

Tahun Ini Ketua DPRD Sumbar Salurkan 3,7 miliar Dana Pokir untuk Bimtek Guru di Payakumbuh

                                                             06 Marer 2023
Ketua DPRD Sumbar, Supadi (tengah) bersama guru-guru di Payakumbuh

FS.Payakumbuh(SUMBAR)-95 persen guru-guru SMK di Kota Payakumbuh telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) digital sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengajar, yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman.


Bimtek digital yang sudah diikuti hampir seluruh guru-guru SMK di Kota Payakumbuh ini terealisasi tahun 2022 lalu melalui program pokir Ketua DPRD Sumbar, Supardi.


"Kita bekerjasama dengan dinas pendidikan, sebagai yang bertanggungjawab melahirkan generasi-generasi cerdas dari sisi pendidikan telah melaksanakan Bimtek digital untuk guru-guru SMA/SMK. Untuk guru SMK di Kota Payakumbuh 95 persennya sudah mengikuti kegiatan ini," ujar Ketua Sumbar, Supardi saat agenda reses perorangan yang ia laksanakan di Kota Payakumbuh, Minggu (5/3). 


Supardi menambahkan, tahun 2023 ini masih melalui pokirnya akan kembali dilaksanakan bimtek lanjutan untuk guru-guru di Kota Payakumbuh. Khusus untuk guru-guru SMK, ia menganggarkan kegiatan sebanyak Rp3,7 miliar. Dengan anggaran yang cukup besar tadi diharapkan ada out put jelas dari apa yang dilaksanakan.


"Kita berharap setelah mengikuti bimtek ada perbedaan kemampuan dan kecerdasan guru-guru SMK di Kota Payakumbuh dibanding guru-guru SMK lainnya di Sumbar. Jika tidak, tak ada gunanya diadakan bimtek ini," katanya.


Sekarang ini, kata dia, telah memasuki kurikulum merdeka, penekanan kurikulum ini bagaimana anak bisa mandiri belajar, dan guru-guru tidak hanya sebagai sumber ilmu tapi juga sebagai mediator dan fasilitator untuk anak. 


Kemandirian itu membutuhkan kecerdasan dan kemampuan guru. Bimtek digital ini akan menjadi salah satu persyaratan dalam meningkatkan kualitas kemandirian guru menghadapi kurikulum merdeka ke depan. 


Disebut Supardi, agar ada folow up  dari apa yang dilaksanakan, ia bersama dinas pendidikan terus memantau perkembangan guru-guru yang telah mengikuti bimtek tersebut. 


Lebih lanjut ia menyampaikan, dalam upaya untuk menuju perubahan semuanya pasti butuh proses. Hal ini menurut dia tak hanya bisa dilakukan oleh guru-guru tapi, juga kepala sekolah. Sebab hebat pun guru, kalau kepala sekolah tidak terus meningkatkan kemampuan, hasilnya juga tak akan sesuai dengan yang diharapkan.


"Panglima perang di dunia pendidikan itu bukanlah dinas, atau kacabdin, tapi ada di sekolah masing-masing dalam hal ini dikomandoi oleh kepala sekolah, jadi kepala sekolah juga harus terus meningkatkan kemampuan, karena peran kepala sekolah sangatlah penting" tukasnya.


Sesuai Permendikbud 40 Tahun 2021, pasal 2 ayat 3, sambungnya, salah satu persyaratan guru SMK harus punya sertifikasi guru penggerak. Untuk hal ini, kepala sekolah wajib punya sertifikasi guru penggerak. Dari 63 kebutuhan provinsi Sumbar akan kepala sekolah, kata dia, guru penggerak yang telah ada saat ini ada sebanyak 217. Adapun calon guru penggerak ada sebanyak 253, dan guru penggerak yang memenuhi syarat 159. Dari 159 ini yang baru diangkat jadi kepala sekolah baru dua orang.


"Jadi nanti kita akan mendesak pemerintah provinsi, kalau akan melakukan pergantian dan pengangkatan kepala sekolah harus taat dengan aturan, karena ini berkaitan dengan kepentingan pendidikan, tidak boleh main-main," ulasnya.


Dalam pertemuan ini, Guru  SMA IV Kota Payakumbuh Rona Kurnia Putri sebagai salah seorang yang telah mengikuti bimtek digital dari program pokir ketua DPRD menyampaikan terima kasih atas adanya program yang dijalankan.


"Kami mengucapkan terima kasih karena ilmunya sangat bermanfaat bagi kami," katanya.


Sementara itu, Mutia Hanum dari SMK Negeri 1 Payakumbuh menyampaikan, beberapa waktu belakangan ia melihat fenomena kenakalan remaja di Kota Payakumbuh semakin meningkat. Sebab itu berharap, selain pelatihan digital ke depan ada juga pelatihan untuk peningkatan kemampuan guru-guru BK, melalui pelatihan peningkatan mutu pelayanan BK.


Menanggapi ini, Supardi mengatakan, fenomena kenakalan remaja memang sangat penting untuk mendapat perhatian. 


Sebagai bentuk kepedulian atas persoalan ini beberapa waktu lalu Ia juga telah mengadakan bimtek melalui Badan Pemberdayaan Perempuan Provinsi Sumbar. Kegiatan itu dilaksanakan melihat banyaknya fenonema kekerasan di rumah tangga dan anak.


"Bicara tentang kekerasan anak, itu memang banyak hubungannya dengan di rumah dan di sekolah, untuk di sekolah, peranan guru BK memang sangat penting. Jika Dinas Pendidikan belum memiliki program untuk peningkatan kemampuan guru BK ini, ke depan itu harus diadakan," tukasnya.


Terkait reses perorangan yang dilaksanakan oleh Ketua DPRD Sumbar, Supardi kegiatan dihadiri oleh guru SMK se- Kota Payakumbuh. Dalam kegiatan ini, Ketua DPRD didampingi Iyus mewakili dari Kacabdin dan Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Sumbar, Zardi Syahrir. (***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!