Breaking News

Sunday, August 05, 2018

Ikatan Keluarga Ampek angkek Tjanduang (IKAT) Bahu Membahu Dalam Membangun Asrama Mahasiswa

Pada Minggu siang (5/8/2018) Ikatan Keluarga Ampek angkek Tjanduang (IKAT) cabang kota Padang menggelar acara Halalbihalal di aula pertemuan kantor wilayah Kemenag Sumatera Barat,dalam rangka menjalin silaturahmi serta menghimpun kembali ingatan kolektif tentang suka duka membangun IKAT dengan asrama Mahasiswa idamannya sejak setengah abad yang lalu.

Pada acara Halalbihalal yang dihadiri puluhan undangan tersebut lebih banyak membahas tentang sejarah berdirinya IKAT.
Ikatan Keluarga Ampek angkek Tjanduang (IKAT) yang di prakarsai oleh Ketua Drs.H.Azhari (Alm) sejak 1960 an.Beliau telah berhasil membeli sebidang tanah seluas 520 m2 yang diniatkan untuk membangun asrama Mahasiswa,dengan bergotong-royong membangun pondok darurat dipinggir tanah rawa tersebut yang berlokasi di Talang Belutu,Air Tawar Timur.

Pak Azahari semasa hidup pernah berpesan kepada salah seorang mahasiswa sospol Imam Bonjol sekitar Tahun 1980 an :"Hai kalian mahasiswa IKAT tolonglah berkumpul dan gerakkan pembangunan asrama itu".Kata pak Azahari.
Namun gerakan tersebut belum juga ada perkembangan.Hingga Tahun 1990,Amzar Syafei (Alm) bersama beberapa tokoh menemui Pak Azhari yang sedang dirawat di RS.DR.M.Jamil untuk menerima surat atas hak tanah untuk pembangunan asrama serta pembentukan panitia pembangunan asrama.Selang beberapa tahun Pak Azhari pun wafat.Dan inisiatif Pak Amzar Syafei juga tersendat sampai beliau wafat awal tahun 2000.

Alhamdulillah,sekitar tahun 2003 tokoh IKAT terhimpun dan yang terpilih sebagai ketua yaitu H.Muchlis Ismail,SH.Sejak diketuai oleh beliau,IKAT berhasil menggalang dana dari berbagai sumber untuk melanjutkan pembangunan asrama tersebut.Hingga kini kondisi fisik bangunan adalah berupa 24 buah fondasi sumur sedalam 3 meter.

Pada awal 2017 yang lalu telah disepakati oleh IKAT untuk membentuk yayasan demi menampung aset dan membangun kembali asrama mahasiswa IKAT yang diberi namaYayasan Pembangunan Sapuluah Nagari yang berdomisili di Padang.Dan yang terpilih sebagai ketua yayasan adalah Drs.Adi Irwan Azhari,yang mana beliau adalah putra dari Pak Azahari sendiri.(dan)

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!