Breaking News


" Hasil Hitung Pilpres 2024 "

September 24, 2018

Uskup Franco Mulakkal Ditangkap Atas Tuduhan Pelecehan Seksual


FS.INDIA-  Polisi India menangkap uskup Franco Mulakkal setelah menjalani pemeriksaan selama tiga hari atas tuduhan pelecehan seksual, yakni memperkosa biarawati Katolik dan eksploitasi seksual dari tahun 2014 hingga 2016.

Uskup berusia 54 tahun yang bertugas di Jalandhar, kota di utara India, ditangkap pada hari Jumat, 21 September 2018 setelah menjalani pemeriksaan selama 3 hari di kantor polisi di Kochi, selatan India.

Pemeriksaan yang berlanjut dengan penangkapan Mulakkal terjadi atas pengaduan resmi dari biarawati dari kongregasi Missionaries of Jesus. Biarawati yang menjadi korban pemerkosaan dan ekploitasi seksual Mulakkal dalam pemeriksaan menjelaskan, ia mengadukan uskup itu ke polisi setelah pengaduannya kepada otoritas gereja tidak ditanggapi.

Menurut laporan AP yang dikutip oleh South China Morning Post, Sabtu, 22 September 2018, awal September lalu, biarawati itu telah menulis surat ke perwakilan Vatikan di New Delhi, ibukota India, mengadukan bahwa uskkup menggunakan kekuatan politik dan uang untuk mengubur kasus pemerkosaan dirinya.

Pada hari Kamis, 20 September, Vatikan mencopot semua tanggung jawab pastoral Mulakkal sebagai uskup di Jalandhar untuk sementara waktu. Pencopotan ini atas permintaan Mulakkal melalui surat ke Vatikan dengan alasan membesarnya protes dan tuntutan penangkapan atas dirinya, seperti dikutip dari Reuters.

"Dia didakwa memperkosa," kata Inspektur Jenderal Polisi Kochi, Vijay Sakhare.

Mulakkal membantah tuduhan memperkosa biarawati itu. Tuduhan itu dilontarkan karena dia memerintah biarawati itu berperilaku disiplin.


# dan | Tco

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!