Breaking News

March 31, 2020

Langkah Serius Tangani Covid-19, Pemko Sawahlunto Bekerjasama dengan BDTBT Sediakan Tempat Karantina


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, Sumatera Barat terus melakukan upaya terbaik dalam Penanganan Kasus Covid-19. Langkah Serius Penanganan Covid-19, Pemko Sawahlunto bekerjasama dengan Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mimeral (ESDM) dalam menyediakan Tempat Karantina bagi warga yang termasuk sebagai Orang Dalam Pengawasan (ODP) Covid-19. Tempatnya, Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT) Kementerian ESDM, Sungai Durian. 

"Langkah serius terus diambil Pemko dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19)," kata Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti saat meninjau BDTBT yang akan dijadikan sebagai tempat karantina,  hari ini Selasa, 31 Maret 2020. 

Zohirin Sayuti bahwa mengatakan Pemerintah Kota juga telah memperketat penjagaan di daerah-daerah perbatasan untuk memantau pendatang yang masuk ke Kota Sawahlunto. Pembatasan selektif juga sudah diberlakukan di Sawahlunto. Aparatur Sipil Negara (ASN) juga sudah diminta untuk menetap di kota ini. 


“Fasilitas karantina untuk ODP tengah kita persiapkan. Sehingga ODP nantinya sudah bisa kita karantina. Dan di tempat karantina ini juga ditempatkan Tenaga Kesehatan.  " ujar Zohirin. 

Lebih jauh dikatakan Wawako, Pemerintah Kota sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada BDTBT menjadikan asramanya sebagai tempat karantina ODP Covid-19.  

Sementara  Kepala BDTBT, Agus Avianto mengemukakan bahwa ada 40 kamar di Asrama BDTTBT itu.  Setiap kamar dilangkapi dengan  Single Bed, Televisi, AC, Lemari Pakain dan Kamar Mandi. Secara nasional, Menteri ESDM meminta satuan kerja di daerah membantu Pemerintah Daerah setempat dalam Penanganan Pencegahan Wabah Nasional Virus Corona ini.  

Sementara Dinas Kesehatan dan RSUD Kota Sawahlunto  tengah menyusun teknis pelaksanaan untuk pengoperasian area karantina ini. "Teknisnya segera kita rapatkan dengan pihak-pihak terkait," ujar Kepala Dinas Kesehatan, Yasril. 

Pada kesempatan itu, Wawako Zohirin Sayuti kembali mengingatkan  masyarakat untuk mengikuti himbauan Pemerintah Kota dengan penuh kesadaran dan kepatuhan. Upaya antisipasi dan pencegahan selalu dilakukan Pemerintah Kota. Namun, tanpa kesadaran dan kepedulian masyarakat semua himbauan yang telah dikeluarkan maka akan membuat upaya tersebut berjalan kurang efektif.

Zohirin juga mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan menyerahkan penanganan Covid-19. Kepada Pemerintah beserta Satuan Tugas yang telah dibentuk. Percayalah, Pemerintah  akan selalu mengupayakan yang terbaik untuk masyarakat.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!