Breaking News

February 17, 2021

Pemko Sawahlunto Berikan Bantuan Alsintan untuk Kelompok Tani


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Dibawah pimpinan Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota Zohirin Sayuti, Pemerintah Kota (Pemko) sawahlunto komitmen dalam memajukan sektor pertanian.  Salah satunya dengan meningkatkan produktifitas pertanian.


Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan  sarana dan prasarana berupa alat mesin pertanian (Alsintan) yang lengkap dan memadahi. Melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Pemko Sawahlunto memberikan bantuan Alsintan pada petani di Kota Sawahlunto


Alsintan yang diberikan antara lain seperti Traktor, Cultivator, Motor Sprayer sampai alat penyiang gulma. Alat tersebut diserahkan langsung kepada Usaha Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) untuk selanjutnya dapat digunakan oleh Kelompok – Kelompok Tani (Keltan) di Kota Sawahlunto. 


Menurut keterangan Humas Pemko Sawahlunto dalam rilisnya hari ini, penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Wakil Walikota Zohirin Sayuti kepada sejumlah perwakilan Kelompok Tani, pada Selasa 16 Februari 2021 tadi di Kantor DKP3  Sawahlunto. 


Kepala DKP3 Sawahlunto, Lelis Efriyenti menyampaikan, rincian alsintan yang diberikan tersebut yakni ; Cultivator sejumlah 12 unit, traktor roda 2 sejumlah 4 unit, motor sprayer stick besar sejumlah 9 unit, motor sprayer stick kecil sejumlah 5 unit dan alat penyiang gulma sejumlah 5 unit. 


“Jadi ini alsintan untuk para petani di Sawahlunto. Semua petani berhak meminjam, tetapi tidak bisa perseorangan, harus dengan Kelompok Tani. Untuk Kelompok Tani yang ingin mengajukan peminjaman, silahkan berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), Usaha Pengelola Jasa Alsintan (UPJA), Balai Penyuluh Pertanian (BPP) atau Brigade Alsintan Sawahlunto,” kata Lelis Efriyenti menjelaskan. 


Melalui bantuan alsintan yang bersumber dari APBD Kota Sawahlunto Tahun 2020 ini, Wakil Walikota Zohirin Sayuti mengharapkan peningkatan produktifitas pertanian Sawahlunto segera terealisasi.


“Alsintan ini merupakan penunjang strategis dalam peningkatan produktifitas pertanian. Sejak dulu memang banyak petani yang setiap bertemu kita selalu menyampaikan hal yang sama, yakni tentang kebutuhan alsintan ini. Karena itu, kita memberikan bantuan alsintan ini,” ujar Wakil Walikota Zohirin Sayuti. 


Wakil Walikota Zohirin Sayuti berharap dengan  hadirnya Alsintan ini memberikan peningkatan efisiensi dan efektifitas. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!