Breaking News

March 16, 2023

Pemko. Pariaman Jajaki Kerjasama Dengan Goesan Country, Korea Selatan

Pemko. Pariaman Jajaki Kerjasama Dengan Pemerintah Goesan Country, Korea Selatan


FS.Pariaman --- Wali Kota Pariaman, Genius Umar, jajaki kerjasama dengan Pemerintah Goesan Country, Provinsi Chungcheong Utara, Korea Selatan, bertempat di Lantai 3 Ruang Konferensi Goesan County, Kamis (16/3).


Kerjasama dua daerah dari dua negara ini, dihadiri langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar, atas nama Pemerintah Kota Pariaman, Indonesia, dengan Wali Kota Goesan County, In Hyun Song, atas nama Pemerintah Goesan County, Republik Korea Selatan


Perjanjian Bisnis Kota Pariaman dengan Goesan County, dengan rangkaian Seremoni Perjanjian Bisnis untuk Memperluas Ekspor Indonesia di bidang Pertanian, Makanan Laut dan Pangan ke Indonesia, dengan kehadiran dari Dua Delegasi, sebanyak 42 orang, dimana delegasi indonesia sebanyak 21 orang, dan delegari dari Goesan County juga sebanyak 21 orang.


“Kota Pariaman terletak di pesisir barat Pulau Sumatera yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Dengan potensi tersebut pemerintah kota pariaman sangat concern untuk mengembangkan pariwisata khususnya wisata bahari,” ujar Genius Umar


Ia menambahkan, pihaknya memiliki pantai yang indah dengan sunset terindah di indonesia, juga terdapat beberapa pulau kecil yang masih asri dan layak untuk dikembangkan. Kita juga punya alam bawah laut yang indah, laut yang masih bersih, terumbu karang yang indah, sangat memungkinkan untuk dijadikan spot diving dan snorkeling.


“Dengan adanya kelebihan tersebut, Kota Pariaman mempunyai hasil laut yang melimpah, ditambah dengan tanah yang subur, karena itu sektor pertanian pun juga menjadi sektor andalan, dengan hasil pertanian yang yang beragam, mulai dari padi, jagung dan kelapa,” ungkapnya.  


Lebih lanjut Genius menuturkan bahwa Kota Pariaman juga memiliki atraksi budaya yaitu Festival Budaya Tabuik yang diadakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam yang dihadiri hingga 200 ribu pengunjung.


“Oleh karena itu, wilayah pesisir Kota Pariaman memiliki potensi dalam mengembangkan industri pengolahan perikanan. Namun tidak hanya pariwisata saja, kota Pariaman juga sangat fokus pada pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia,” ulasnya.


Genius juga menuturkan, sebelumnya dirinya dan rombongan telah mengunjungi beberapa universitas di Busan seperti Pukyong National University, Kaya University untuk kerjasama dalam bidang pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, dalam hal ini kami bekerjasama dengan Universitas Negeri Padang untuk kerjasama dalam bidang perkuliahan dan penelitian, terangnya.


“Dengan adanya kunjungan ini, kami pemerintah Kota Pariaman berharap dapat terjalin kerjasama yang erat, antara kedua pemerintah, terutama dalam bidang pariwisata yaitu dengan saling bertukar wisatawan dan mempromosikan pariwisata Kota Pariaman di Korea Selatan pada umumnya, selain itu, kita juga bisa mencontoh model tata kelola dan pembangunan yang efektif dan efisien dari pemerintah Goesan County ini, sehingga bisa kita terapkan pada pemerintah Kota Pariaman,”


Lulusan S3 IPB dan baru saja mendapat anugerah gelar Profesor dari Junwoong  University ini, sangat senang berada di Goesan County dan sambutannya yang ramah dari seluruh jajaran Pemerintahan Goesan, dirinya juga mengajak walikota Goesan serta pejabat yang ada, untuk datang ke kota Pariaman pada momen Festival Budaya Tabuik yang akan dilaksanakan minggu pertama bulan Agustus tahun 2023 ini, tutupnya.


Ikut dalam rombongan Pemko Pariaman, Staf Ahli Bidang Sosial, Setdako Pariaman, Lucyanel Arlym, MARS, Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Buyung Lapau, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Hendri, Kepala Badan Kepegawaian dan Kepegawaian, Irmadarwani, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Elfis Candra, Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB (Keluarga Berencana), Gusniyeti Zaunit, serta Wakil Rektor UNP (Universitas Negeri Padang), Prof. Yasri (Fs)


No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!