Breaking News

March 19, 2023

Silaturahmi KBRC Jelang Ramadhan 1444 H, Sonny Affandi : Semoga Tradisi Badunsanak Ini Rutin Digelar


FS.Padang(SUMBAR)-
Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriyah, Keluarga Besar Rang Chaniago (KBRC) Kelurahan Kampung Lapai, menggelar acara Isra' Mi'raj, Jumat, 17 Maret 2023 di Mushalla Nurul Yaqin. Puluhan anggota KBRC terlihat memenuhi mushalla yang merupakan surau tuo kaum chaniago Kampung Lapai.


Selain Isra Mi'raj dan silaturahmi menjelang puasa, acara yang dimotori KBRC Kampung Lapai ini, juga dimeriahkan dengan tradisi Barzanji dan Basurah Adat Makan Basamo.


"Ini kegiatan yang sangat positif dalam memperkuat silaturahmi antar warga, khususnya keluarga besar Rang Chaniago. Apalagi memasuki bulan suci Ramadhan, untuk memperkuat ukhuwah islamiyah," ujar Sonny Affandi, ST, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Kampung Lapai, dalam sambutannya pada kegiatan tersebut.


Sonny mengapresiasi Ketua KBRC, Edmadoni Rajo Mudo yang menggelar acara dengan baik dengan memanfaatkan momen Isra Miraj dan menyambut bulan Suci Ramadhan.


"Ini tradisi badunsanak yang rutin digelar dan terjaga dengan baik. Semoga KBRC selalu kompak dan rukun," ungkap Sonny dalam acara yang juga dihadiri Tokoh Muda Kota Padang, Bagindo Ginno Irawan yang juga Owner Griya Elok Residence.


Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar diwakili Arfa Kasni Dt. Tumangguang, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tradisi yang sangat baik dalam menjaga kerukunan antara bamamak dan bakamanakan di dalam kampung dan dalam kaum.


"Kita sangat berharap, kegiatan seperti ini selalu rutin diadakan dalam upaya memupuk silaturahmi antara sesama warga. Diharapkan juga memunculkan rasa saling menghargai antara kamanakan dengan mamak serta hubungan dalam keluarga," pesan Datuak Tumangguang dalam acara yang juga dihadiri Lurah Kampung Lapai diwakili Kasi Trantib, Imelda Mustafa.


Sementara itu Ketua KBRC Kampung Lapai, Edmadoni Rajo Mudo mengucapkan terima kasih kepada semua ninik mamak dan tokoh masyarakat yang hadir, terkhusus kepada Ketua LPM, Sonny Affandi yang mensuport kegiatan tersebut.


"Atas nama seluruh anggota KBRC Kampung Lapai, saya menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada seluruh undangan yang hadir. Tolong ingatkan kami bila ada salah dalam melangkah atau ada sesuatu yang tidak pada tempatnya. Dan semoga kami di KBRC selalu rukun dan akur," ucap Idong, sapaan akrab Edmadoni. (ms)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!