Breaking News

May 1, 2023

Wako. Pariaman Hadiri Prosesi Pemberian Gelar Adat Wamenaker. RI

Wako. Pariaman Genius Umar Memberikan Ucapan Selamat Pada Wamenaker. RI

FS. Paga Ruyuang--- Wali Kota Pariaman, Genius Umar hadiri langsung pemberian gelar adat "Datuak Rajo Basa" Jorong Gundam, Kepada Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Afriansyah Noor Di Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar pada Sabtu (29/04)


Usai pemberian gelar adat, Genius Umar langsung sambangi Wamen Ketenagakerjaan Afriansyah Noor, untuk ucapkan selamat atas penganugerahan gelar tersebut sebagai suatu amanah baru dalam adat salingka nagari.


“Meskipun gelar adat ini diberikan oleh Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar. Namun ini mewakili daerah ranah minang, artinya gelar “Datuak Rajo Basa” yang disandang oleh Uda Afriansyah Noor merupakan gelar niniak mamak secara keseluruhan untuk sanak kemenakan dalam ranah minang kabau,” begitu ucap Genius kepada Afriansyah Noor.


Secara khusus, kepada setiap pemangku adat, Genius berharap struktur organisasi dalam masyarakat adat untuk selalu dijaga dan dilestarikan. Agar dapat menjalankan fungsi masing-masing dan turut andil dalam pembangunan daerah, khususnya bagi pemangku adat yang ada di Kota Pariaman.


“Karena disini peran pemerintah akan menjadi jembatan supaya struktur dalam masyarakat adat bisa bersama-sama ambil peran dalam pembangunan yang berkelanjutan,” singkat Genius.


Prosesi penyerahan gelar adat dilaksanakan di Istano Basa Pagaruyung. Disaksikan juga oleh Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra. Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy (FS)



No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!