Breaking News

August 13, 2023

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarat Terpadu UNP di Mentawai Dibuka Bupati


FS.Mentawai(SUMBABR)-
Pj Bupati Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, S.St ,M.Pi membuka kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Terpadu Universitas Negeri Padang (UNP) di Kab. Kepulauan Mentawai. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda, Asisten I, Asisten II, Asisten III, Kadis Parpora, Kepala Bappeda dan Kepala Desa Tua Pejat. 

Pariwisata merupakan faktor utama dalam pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai. Kepulauan Mentawai merupakan destinasi wisata yang memiliki keberadaan atraksi budaya yang unik. Keunikan tersebut didukung dengan potensi lainnya. yakni : ombak surfing terbaik ketiga di dunia setelah Hawaii dan Tahiti, selanjutnya proses pembuatan tattoo tradisional (tertua di dunia), dan juga keberadaan SIKEREI yang menonjolkan sisi kearifan local dan kekayaan  Budaya setempat.

Untuk mengembangkan potensi yang sangat luar biasa ini maka peran serta  Perguruan Tinggi sangat diharapkan. Universitas Negeri Padang melalui LPPM UNP melakukan kegiatan Pengabdian Kepada  Masyarakat Terpadu Tahun 2023. UNP melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat telah berkontribusi nyata dalam mengembangkan Potensi Mentawai. 

Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) merupakan salah satu bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi ketiga, di samping dharma pendidikan dan penelitian yang pada saat ini dilaksanakan oleh Universitas Negeri Padang.  Adapun kegiatan yang dilakukan Tahun 2023 dari UNP adalah 

1. Pengembangan Potensi wisata pantai melalui program branding dan peningkatan keterampilan layanan massage therapy di  Kab. Kepulauan mentawai.

2. Pengembangan Sport Tourism di Kab. Kepulauan Mentawai

3. Peningkatan potensi pariwisata olahraga berbasis ekowisata melalui pelatihan stand up paddle dan water rescue

4. Pelatihan Pemandu Outbound Dan Pembuatan Fun Games, dan

5. Pengembangan Kompetensi Dalam Memperbaiki Gerak Dasar Anak Usia Dini Dan Pelatihan Kebugaran Jasmani

Sekretaris LPPM Prof. Dr. Anton Komaini sekaligus koordinator kegiatan bahwa kegiatan ini rutin dilakukan di Mentawai, ini sudah tahun ke 5 dilaksanakan. Dalam kesempatan ini tim LPPM membawa Narasumber dan Tim Sebanyak 22 Orang. Dan kegiatan diikuti oleh 120 Orang peserta yang akan dibagi berdasarkan jenis pengabdian. Kegiatan akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari tanggal 11-14 Agustus 2023. 

Adapun tim LPPM yang menyukseskan Kegiatan adalah 1. Prof. Dr. Anton Komaini,S.Si.,M.Pd, (Koordinator Tim) 2. Dr. Nuridin Widyo Pranoto, M.Or (Ketua PKM), 3. Dr. Satria Haris, M.SN (Narasumber)  4. Andri Gemaini,S.Si.,M.Pd (Ketua PKM) 5. Donal Syafrianto.,S.ST.,M.Fis (Narasumber), 6. Defrizal, Sds.M.SN (Ketua PKM), 7. Irfan Oktavianus, M.Pd (Ketua PKM) 8. Dr. Ahmad Chaeroni M.Pd (Narasumber) 9. Eko Purnomo, M.Pd.,M.I.Kom (Narasumber) 10. Malta Kharisma M.Sn (Narasumber) 11. Drs. Rasyidin Kam (Narasumber) 12. Dio (staf admin) 13. Jamil (Mahasiswa S2) 14. Fair Muda (mahasiswa s2) 15. Aulia (mhasiswa s2) 16. Arif rahcman (Mahasiswa S2) 17. Heru (Mahasiswa S2) 18. Tiara (Mahasiswa S1) 19. Naya (Mahasiswa S1) 20. Amel (Mahasiswa S1) 21. Bulat (staf Admisnistrasi) 22. Anes (staf administrasi).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!