Breaking News

August 13, 2023

Team Riset e-DNA Mahasiswa UNP sukses Jalin Jerjasama dengan Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang


FS.Padang(SUMBAR)-
Program Kreativitas Mahasiswa, biasa disingkat menjadi PKM, adalah sebuah wadah yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menuangkan dan mewujudkan ide kreatif dan inovatif sekaligus menerapkan ilmu yang didapatkan diperkuliahan. 

Pada kegiatan ini tim ENVIRONMENTAL DNA (e-DNA) Mahasiwa Universitas Negeri Padang sedang menjalankan riset Molekuler pada kawasan pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang (8 Agustus 2023). Riset ini dilakukan oleh Muhammad Farikh dari  Biologi sebagai ketua, Rahmad Wanizal Pastha dari Statiska sebagai anggota, Aura Zahra Nafisah dari Pendidikan Kimia sebagai anggota, Rezeki Rival Alridho dari Biologi sebagai anggota dan Bintang Fadhil Ramadhan sebagai anggota.

Riset ini menghadirkan enviromental DNA (e-DNA) sebagai sampel lingkungan tanpa membunuh dan mengisolasi suatu organisme tersebut dengan memanfaatkan sampel lingkungannya seperti air, tanah atau feses. 

Metabarcoding DNA lingkungan (e-DNA) adalah metode baru untuk menilai keanekaragaman hayati dimana sampel diambil dari lingkungan melalui air, sedimen atau udara kemudian melakukan ektraksi DNA, dan kemudian diamplifikasi menggunakan primer spesifik atau universal dalam Polymerase Chain Reaction (PCR) dan di-sequencing di laboratorium nanti. Penelitian ini dibimbing oleh dosen pembimbing Afifatul Achyar, S.Si, M.Si dari Departemen Biologi. 

Melalui kegiatan ini team e-DNA dapat bermitra dan menjadi menjalin hubungan dengan pihak pelabuhan. Pihak pelabuhan juga mengatakan sangat terbuka jika ada mahasiswa UNP lainnya melakukan penelitian pada area pelabuhan ini dengan juga mempertimbangkan juga keselamatan kerja selama kegiatan. 

Miko Fauzal, SH selaku Nahkoda Kapal patroli KPLP KN.P 421 Kantor KSOP Teluk Bayur sangat mengapresiasi kegiatan ini " Penelitian yang dilakukan luar biasa dan menarik, bapak tidak menyangka ternyata mahasiswa Sumatera Barat sudah semaju ini".

Selain itu, Hendra Putra selaku Koordinator Lapangan Pamtib KPLP juga memberikan banyak pengarahan dan bimbingan kepada tim e-DNA selama melaksanakan sampling di area pelabuhan.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!