Breaking News

Thursday, September 07, 2023

Bupati Pessel Hadiri Panen Bawang Merah Nagari Surantih

                                                     07 September 2023

FS.Pessel(SUMBAR)-Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar menghadiri Panen Raya Bawang Merah ketahanan pangan dan hewani yang dikelola oleh Nagari Surantih kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan Kamis (7/9/2023). 

Jumlah panen tersebut diperkirakan sebanyak  2,5 ton dari lahan seluas 0,5 hektar dengan bibit yang anggarannya berasal dari Dana Desa tahun 2023. Dengan tema Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural juga memasukkan ketahanan pangan sebagai agenda prioritas pembangunan serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20% (dua puluh persen) untuk pengembangan potensi desa dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan lahan desa atau lahan masyarakat. 

Wali nagari Surantih Amsuardi Ucok berserta stafnya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, khususnya bupati yang telah hadir dalam kegiatan panen tersebut.

Lebih lanjut wali nagari mengungkapkan,"Alhamdulillah, bawang merah ini sangat menjanjikan. Selama 50-60 hari bawang merah sudah bisa dipanen,” ucap wali.

Camat sutera Salman Alfarisi brutu juga menyampaikan apresiasi kepada nagari  Berkat Usaha yang telah berhasil mengembangkan dan memberi kontribusi nyata dalam meningkatkan produksi bawang merah di Kabupaten Pesisir Selatan.

Dia juga menyinggung terkait lahan yang aktif segera mungkin di pergunakan sebaik baik mungkin.Saran saya kalau kita mau menanam apapun jangan ragu ragu,kalau bisa biar investor datang kemari, tak perlu cabe dan bawang datang dari luar,"ujar camat

Bupati juga menyampaikan ucapan selamat kepada nagari surantih kecamatan sutera Kabupaten Pesisir Selatan,Yang telah berusaha penuh merawat bibit sampai panen dan sekarang telah berhasil dipetik jerih payahnya melalui panen bawang merah tersebut.Nantinya dibagikan kepada KPM yang ada di nagari nya.

Semoga usaha yang dilakukan sukses dan lebih maju ke depannya sehingga bisa lebih meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat dan petani di sini serta menjadi motivasi bagi petani-petani lainya,” tutup bupati

Hadir dalam panen tersebut,Pimpinan OPD, Camat sutera berserta staf, Kapolsek sutera, Babinsa,BPP sutera,Wali nagari berserta stafnya dan wali nagari sesutera,tokoh masyarakat dan undangan lainnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!