Breaking News

Wednesday, January 10, 2024

SMA 9 Solsel Siap Menuju Boarding School, Fasiltas Asrama Sudah Siap Menunggu Siswa Baru

Kabid Pembinaan SMA/SLB Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Mahyan, bersama Anggota DPRD Provinsi Sumbar, H. Rahmat Saleh, Mario Syahjohan, H. Nurfirman Wansyah, Anggota DPRD Kabupaten, Armen Syah Johan, Mon Nofrizal, Muklis, Camat Pauh Duo, Aiq Wandeko dan Tokoh Adat Pauh Duo saat meninjau bangunan asrama yang baru diresmikan, Selasa (9/1-2024).

FS.Solok Selatan(SUMBAR)- 
Harapan dan keinginan pengelolah SMA Negeri 9 Solok Selatan menjadikan sekolah tersebut sistem sekolah berasrama pada tahun pelajaran 2024-2025 terbuka lebar, dan sudah diambang mata. 

Apalagi fasilitas untuk mewujudkan SMA Negeri 9 Solsel yang terletak di Lasuang Batu, Nagari Kapau Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo menjadi sekolah boarding itu sudah dibangun asrama dan fasiltas lainnya, dan telah pula resmikan oleh Gubernur Sumbar yang diwakili Kabid Pembinaan SMA/SLB Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat Mahyan Selasa (9/1-2024).

Kabid Pembina SMA/ SLB dalam arahannya menyampaikan apresiasinya kepada putra-putra terbaik Solok Selatan yang ada di lembaga legislatif yang telah banyak memberikan pokir-pokirnya ke pihak sekolah-sekolah.

Serta apresiasi pada Anggota DPRD Tingkat I Provinsi Sumatera Barat, H Rahmat Saleh, S.Famr, melalui Pokirnya, Ia telah menganggarkan dana sebesar Rp. 2,2 Miliar untuk pembangunan berbagai fasilitas dan program di SMAN 9, " katanya.

Selain itu Mahyan juga mengapresiasi Pimpinan dan seluruh warga SMA Negeri 9 Solsel yang sudah mampu mecari peluang hingga berhasilnya meraih dana Pokir dari Anggota DPRD Provinsi Sumbar, seperti Pokir dari H Rahmat Saleh, S.Famr.

" Tidak itu, saja pihak sekolah juga mampu merangkul Anggota DPRD Provinsi Sumbar lain seperti, Mario Syahjohan dan H. Nurfirman Wansyah," tambahnya.

Terbukti pada tahun pelajaran 2023/2024 kemaren, sekolah tersebut meningkat jumlah muridnya, karena didukung dana pribadi untuk beasiswa bagi murid yang mendaftar ke sekolah tersebut sebesar Rp. 500 ribu per orang dari Mario Syahjohan.

" Ini sebuah apresiasi kita dari Pemerintah pada pak Mario Syahjohan yang sudah peduli pada pendidikan dan masyarakat di Solsel, terbukti saat ini murid di sekolah ini sudah meningkat dari 11 murid menjadi 45 murid," jelasnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Tingkat I Provinsi Sumatera Barat, H Rahmat Saleh, S.Famr,  menjelaskan ia dulu melakukan kunjungan ke seluruh sekolah tingkat atas se-Sumatera Barat, dalam proses kunjungan tersebut dirinya menemukan “Sekolah Mata Air dan sekolah Air Mata.

Naah, di Solok Selatan ini Rahmat Saleh  menemukan Sekolah “Air Mata” atau sekolah yang paling sedikit jumlah muridnya hanya 11 orang, dan terancam akan ditutup.

“Membuat sekolah itu susah, masak sudah ada mau ditutup, sehingga itu saya terenyuh mendapatkan kabar itu, lewat niat baik dan disupport wakil rakyat lain di DPRD Sumbar, Bismillah waktu itu saya alokasikan Pokir untuk selamatkan SMAN 9 Solok Selatan ini,”ujar Rahmat Saleh.

Rahmat Saleh mengajak kepala sekolah Helda serta majelis guru membuat suatu konsep untuk SMAN 9 menjadikan sekolah boarding dengan membangun fasilitas lengkap untuk untuk membangkit batang tarandam, katanya

“Ini semua bagian dari kerja fokus saya, mewujudkan Sumbar Cerdas untuk menuju Indonesia 2045, hampir seluruh pokok-pokok pikirannya dipersembahkan pada dunia pendidikan, dengan berdirinya asrama ini dia berharap sekolah SMAN 9 Solok Selatan berubah dari Zero menjadi Hero dan sebagai sekolah unggul di Solok Selatan,”ujar Rahmat.

Sedangkan Mario Syahjohan dikesempatan itu juga turut mengapresiasi H. Rahmat Saleh yang sudah mendukung dunia pendidikan terutama sekolah yang betul-betul dalam kondisi membutuhkan dukungan.

" Sebagai putra daerah dan sebagai anggota DPRD Provinsi yang komisinya bermitra kerja dengan Dinas Pendidikan, tentu hal ini sebuah dukungan yang sangat berarti," jelas Mario Syahjohan yang juga dari Fraksi Gerindra itu.

Dijelaskannya, pada tahun 2024 ini akan dibangun USB SMA 12 Solok Selatan di Kecamatan KPGD. Diharapkannya, kehadiran sekolah itu nanti akan dapat menjawab kebutuhan masyarakat, terutama untik mempersingkat jarak tempuh ke sekolah bagi anak-anak mereka.

" Terima kasih kepada semua pihak, yang ikut andil membangun kelanjutan sekolah SMAN 9 Solsel dan terwujudnya USB SMAN 12 Solok Selatan," kata Mario

Ia mengajak, agar dapat manfaatkan asrama di SMAN 9 ini semaksimalnya. Pasalnya pendidikan itu sangat penting," pungkasnya.

Selanjut, Helda dalam sambutanya memaparkan, " beranjak dari kondisi sekolah yang serba kekurangan membuat dirinya terinovasi untuk terus meningkatkan proses belajar mengajar yang prima dan mengembangkannya setara dengan sekolah lainnya di Solok Selatan.

"Alhamdulillah,  SMAN 9 Solok Selatan dapat perhatian dan uluran tangan dari  Anggota DPRD Tingkat I Provinsi Sumatera Barat, seperti Rahmat Saleh, Mario Syajohan, Nurfirman Wansyah, yang telah banyak berbuat untuk kemajuan sekolah dan ucapkan terimakasih atas semuanya  Kata," Helda.

Ditempat terpisah, Anggota DPRD Provinsi Sumbar yang juga Ketua Fraksi PKS, H. Nurfirman Wansyah mengapresiasi pengelolah pendidikan yang sudah mampu melakukan berbagai upaya untuk mencapai kemajuan pendidikan di daerah tersebut.

" Kita ingin Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah ini terus meningkat, seiring dengan perkembangan zaman yang semangkin pesat," harapnya.

Peresmian Asrama di SMA Negeri 9 Solsel tersebut turut dihadiri Izin Pimpinan DPRD Kabupaten Solsel, Armen Syah Johan, Anggota DPRD Kabupaten Solsel, Mon Nofrizal, Muklis, ST, Camat Pauh Duo, Aiq Wadenko, seluruh Kepala SMA/K se-Solok Selatan, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat serta berbagai lapisan masyarakat lainnya. (Juf)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!