Breaking News

February 9, 2024

KPU Tanah Datar Gelar Tabligh Akbar Menuju Pemilu 2024


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-
Tanah Datar,--Memperingati isra’ mikraj nabi Muhammad SAW, KPU Tanah Datar menggelar tabligh akbar menuju Pemilu 2024. Tabligh akbar ini bagian dari sosialisasi Pemilu sebelum pemungutan dan penghitungan suara 14 Februari nanti.

“Memilih pemimpin adalah bagian dari ibadah. Maka dari itu mari kita menyalurkan hak pilih di TPS pada 14 Februari nanti,” ujar Buya Syahril Ramadhan, di Masjid Lasykar Jorong Koto Gadih, Nagari Limo Kaum, Kecamatan Limo Kaum, Tanah Datar, Kamis (8/2/2024).

Buya Syahril juga memberikan wejangan terkait perjalanan isra’ mikraj nabi Muhammad SAW, serta kondisi masyarakat saat ini.

“Kita bersyukur, dalam memperingati isra’ mikraj, KPU Tanah Datar menggelar tabligh akbar. Pemilu merupakan sarana untuk mempersatukan kita. Biar berbeda pilihan, namun setelah pemilu kita bersatu kembali. Inilah yang kita maknai sebagai pemilu badunsanak,” ungkap Buya yang cukup terkenal di Luhak Nan Tuo tersebut.

Selain pengajian oleh Buya Syahril kepada jamaah yang datang dari tiga jorong di Limo Kaum tersebut, juga diisi dengan sosialisasi oleh komisioner KPU Tanah Datar.

Ketua KPU Tanah Datar, Dicky Andrika, mengungkapkan peran penting pemilih dalam menyukseskan pemilu 2024. 

“Partisipasi pemilih dalam pemilu itu menentukan arah kepemimpinan bangsa kita ke depan,” ujar Dicky.

Sementara itu, Ketua Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Ikhwan Arif, menyampaikan, salah satu upaya KPU meningkatkan partisipasi pemilih melalui sosialisasi secara masif oleh KPU dan jajarannya.

“Tabligh akbar ini bagian dari sosialisasi yang dirancang KPU melalui kegiatan keagamaan,” paparnya.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, Gusriyono menyampaikan layanan konstitusional pemilih dalam pemungutan dan penghitungan suara.

“KPU berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada pemilih. Saat ini hingga tiga hari kedepan sedang didistribusikan C.Pemberitahuan ke rumah-rumah pemilih. Di samping itu, juga diumumkan di tempat-tempat yang lazim tentang hari dan tanggal pemungutan suara nanti,” tuturnya.

Selain itu, kata Gusriyono, KPU juga memberikan pelayanan prioritas kepada pemilih disabilitas, lansia, serta wanita hamil dan menyusui. Mulai dari pembuatan TPS yang ramah disabilitas, penyediaan kursi prioritas, membolehkan membawa pendampingan bagi yang membutuhkan, hingga alat bantu coblos tuna netra pada pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta DPD.

“Untuk itu mari kita ramaikan TPS. Jangan lupa membawa KTP elekronik dan C.Pemberitahuan atau Model A Pindah Memilih dari pukul 7.00 hingga 13.00 WIB pada Rabu, 14 Februari 2024 nanti,” ajaknya.

Di sisi lain, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Tomas Hendriko menjelaskan tentang data pemilih. Salah satunya melalui cekdptonline.kpu.go.id.

“Cek DPT online cara untuk mengetahui kita terdaftar sebagai pemilih dan TPS tempat kita mencoblos nanti,” pungkas Tomas, sembari meminta jamaah untuk melakukan cek DPT online melalui smartphone masing-masing. (RLS)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!