Breaking News

February 28, 2024

Pemprov Sumbar Minta LMAN Ikutkan Bank Nagari Salurkan Ganti Rugi Tol


FS.Jakarta -
Wakil Gubernur Sumbar, Dr. Ir. Audy Joinaldy, M.Si meminta kepada Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) Kementerian Keuangan RI untuk mempertimbangkan Bank Nagari ikut serta dalam menyalurkan uang ganti rugi lahan tol Padang-Pekanbaru.

Permintaan itu disampaikan langsung oleh Wagub Sumbar Audy Joinaldy yang juga Ketua Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Sumbar, ketika bersilaturahmi dengan jajaran Pimpinan LMAN di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu (28/4/2024) siang.

Wagub didampingi Ketua Lapangan Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol, Drs. Syafrizal Ucok, MM Dt. Nan Batuah dan Kepala Cabang Bank Nagari Jakarta Shanty Dewi. 

Dari jajaran Pimpinan LMAN yang menghadiri  pertemuan adalah Direktur Bidang Lahan Rustanto, Direktur Keuangan LMAN Sutanto Basuki, Divisi Perencanaan Lahan LMAN Jimmy dan Divisi Pengadaan Lahan Andi.

Wagub Audy Joinaldy menyampaikan, permintaan dilibatkannya Bank Nagari sebagai penyalur dana ganti rugi lahan tol ini khususnya untuk pembebasan tanah gerbang keluar tol (exit tol) yang direncanakan di Lubuk Alung dan Tarok City.

Alasan yang dikemukakan Wagub Audy Joinaldy adalah kemudahan akses bagi calon penerima yang pada umumnya berdomisili dekat dengan Bank Nagari Cabang Lubuk Alung.

"Kita juga ingin mendukung kemajuan Bank Nagari Sumbar sebagai bank milik Pemda, yang kondisinya sangat sehat dan terus berkembang," kata Wagub Audy Joinaldy meyakinkan pihak LMAN.

Masyarakat yang terdampak jalan tol ruas Padang-Kapalo Hilalang adalah masyarakat yang rata-rata sudah menjadi nasabah dari Bank Nagari sebagai bank kebanggaan dari Ranah Minang. 

Ditambahkan oleh Ketua Lapangan Tim Percepatan Pembebasan Lahan Tol Sumbar Drs. Syafrizal Ucok, jika Bank Nagari diberikan kesempatan sebagai penyalur dana ganti rugi lahan tol maka tentu sangat memudahkan masyarakat penerima ganti rugi dan tentunya sekaligus ikut membesarkan Bank Nagari sebagai bank milik daerah. 

"Kita berharap LMAN dapat menjembatani aspirasi Pemda dan masyarakat ini kepada Kementerian Keuangan. Sebab beberapa daerah dengan proyek strategis nasional juga ada menggunakan bank lokal seperti pembangunan jalan tol di Provinsi Aceh," kata Syafrizal Ucok, mantan Wabup Pesisir Selatan periode 2005-2010 ini.

Harapan Pemda Sumbar ini dijawab oleh Direktur Keuangan LMAN Sutanto Basuki. Katanya, yang telah berjalan selama ini untuk pembayaran ganti rugi lahan tol Padang-Kapalo Hilalang adalah melalui Bank BRI. Ini sesuai dengan penunjukan dari proses bidding yang dilakukan LMAN. 

Atas aspirasi dari Pemda Sumbar ini akan disampaikan kepada Kementerian Keuangan, termasuk adanya harapan untuk melibatkan Bank Nagari sebagai penyalur dana ganti rugi lahan khususnya exit tol Lubuk Alung dan Tarok City. Tentunya seluruh langkah yang akan diambil LMAN harus disesuaikan dengan regulasi yang ada. 

Pertemuan Wagub Sumbar Audy Joinaldy dengan jajaran Pimpinan LMAN ini berlangsung hampir satu jam diselingi dengan berbagai joke-joke. Tidak lupa Wagub memberikan pencerahan kepada jajaran LMAN bagaimana kiat yang dilakukan dalam menyelesaikan pembebasan lahan tol ruas Padang-Kapalo Hilalang dengan segala dinamikanya hingga tuntas. (*)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!