Breaking News

Wednesday, May 15, 2024

Dinkes Pessel Sebut Kasus Diare Sudah Melandai

                                          13 Mei 2024

FS.Pessel(SUMBAR)- Kejadian Luar Biasa (KLB) Diare yang melanda Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat, sejak 8 April 2024, makin melandai. Hal ini ditandai dengan penurunan kasus secara signifikan.

Menurut Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Erna Juita menyebutkan bahwa pertanggal 12 Mei 2024 jumlah kasus makin kecil.

"Puncaknya memang minggu pertama bulan Mei, namun, setelah itu kasusnya menurun," sebut Erna ketika mendampingi tim Ikatan Dokter Spesialis Anak Indonesia (IDAI) yang berkunjung ke Pesisir Selatan, Minggu (12/5).

Menurut Erna, tim IDAI yang terdiri dari Program Kesehatan Spesialis Anak Unand dan RS M Jamil, melakukan kajian analisis faktor penyebab KLB di Sutera.

"Bermacam faktor, kesehatan lingkungan, sumber air minum, perilaku hidup bersih dan sehat. Kemudian termasuk kajian tata laksana penanganan diare, serta apa yang mengakibatkan KLB diare terjadi," katanya.

Disebutkan, kajian dilakukan door to door, ke rumah pasien, puskesmas, RS BKM, RSUD M Zein Painan, dan pelayanan langsung ke 7 nagari, bagi balita yang sakit maupun yang sehat, untuk keluar dari kasus KLB tersebut," ujarnya.

Sementara itu Direktur RSUD Dr Muhammad M Zein Painan, dr Muhammad Fahriza, Senin (13/5) menyebutkan, jumlah pasien yang masih dirawat di rumah sakit ini tinggal 18 orang, dan didominasi oleh pasien anak.

"Untuk mempercepat pemulihan penyakit diare, maka pihak RSUD Dr Muhammad Zein Painan juga menyalurkan bahan makanan tambahan yang diberikan Dinas Kesehatan," ungkapnya.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!