Breaking News

Saturday, May 04, 2024

KPU Solsel Tetapkan Perolehan Suara dan Kursi DPRD Solok Selatan Periode 2024-2029

Ketua KPU Solsel, Ade Kurnia Zeli saat memberi sambutan dan membuka Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilu Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan yang berlangsung di aula Sarantau Sasurambi kantor Bupati Solsel, Kamis (2/5/2024) malam.

FS.Solok Selatan(Sumbar) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan gelar Rapat Pleno Terbuka Hasil Pemilu Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Solok Selatan yang berlangsung di aula Sarantau Sasurambi kantor Bupati Solsel, Kamis (2/5/2024) malam.

Kegiatan Rapat Pleno Terbuka yang dihadiri Bupati Solsel diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Dr. H. Novirman. S. KM. MM, Ketua DPRD diwakili Afrizal Candra, SH, Forkompinda Solok Selatan, Komisioner KPU Solsel, Bawaslu Solsel, Kakan Kesbangpol Solsel, Zulhendri Wilson, Pengurus Partai Politik, awak media elektronik dan media massa di Solsel tersebut secara resmi dibuka Ketua KPU Solok Selatan, Ade Kurnia Zeli.

Bupati Solsel diwakili Staf Ahli Kemasyarakatan dan SDM, Dr. H. Novirman, S. Km. MM memberikan sambutan dan memberi apresiasi pada semua pihak, khususnya pada penyelenggara Pemilu.

Ketua Panitia Mas Indra Putra dalam laporannya menjelaskan, pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka itu adalah bagian dari pemberian informasi secara terbuka pada Pemda Solsel, kepada Instansi terkait lainnya serta pada masyarakat tentang Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Penetapan Calon Terpilih Partai Politik Dalam Pemilihan Umum 2024.

Pada rapat pleno, kegiatan berjalan dengan lancar, hal tersebut ditandai dengan tidak adanya sanggahan pada pembacaan Berita Acara mengenai penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan pada Pemilu 2024 yang dibacakan Ketua KPU, Ade Kurnia Zeli didampingi komisioner KPU, Dedi Fitriadi, Elvira Roza, Syaiful Amri dan Novia Syahfitri serta dihadiri Sekretaris KPU Solsel Benny Rinaldo SH

Ketua KPU Solsel Ade, Kurnia Zeli, Staf Ahli Bupati Dr. H. Novirman, Forkopimda Solsel saat kegiatan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (2/5/ 2024) malam.

Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik Untuk Anggota DPRD Kabupaten Solok Selatan berdasarkan Berita Acara KPU Kabupaten Solsel nomor 89/PK.01-BA/1311/2024," jelas Ade Kurnia Zeli.

KPU Solsel juga menetapkan Perolehan Suara dan Calon Terpilih Anggota DPRD Solsel dalam Pemilu 2024 untuk kursi partai politik di DPRD Kabupaten Solok Selatan sebanyak 25 kursi, dengan nomor Berita Acara 90/PK.01-BA/1311/2024.

Berikut rincian partai terbanyak peroleh kursi dan perolehan kursi per Daerah Pemilihan (Dapil).

Pertama, Partai Golkar meraih 8 kursi dengan rincian Dapil 1 sebanyak 3 kursi, Dapil 2 sebanyak 3 kursi dan Dapil 3 sebanyak 2 kursi, disusul Partai Nasdem dengan 4 kursi, dengan komposisi Dapil 1 sebanyak 1 kursi, Dapil 2 sebanyak 1 kursi dan Dapil 3 sebanyak 2 kursi.

Selanjutnya partai Gerindra, partai Demokrat yang masing-masingnya 3 kursi dengan rincian dari setiap dapil yang memperoleh 1 kursi. Berikut partai PKS dengan 2 kursi, dari Dapil 1 dan Dapil 3. Partai PKB juga memperoleh 2 kursi dari Dapil 2 dan Dapil 3.

Ketua KPU  Solsel, Ade Kurnia Zeli, Staf Ahli Bupati, Dr. H. Novirman, Ketua DPRD Solsel diwakili Afrizal Candra, Forkopimda Solsel, Komisioner KPU Solsel Foto bersama usai Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (2/5/ 2024) malam

Terakhir partai PPP, partai PAN dan partai PDI Perjuangan memperoleh 1 kursi yang semuanya berasal dari Dapil 3.

Berikut nama-nama anggota DPRD Solsel terpilih sesuai Dapil dan jumlah suara diperoleh dan telah ditetapkan pada Rapat Pleno Terbuka KPU tersebut :

Dapil 1 Solsel (Kecamatan Sangir) :
1.Jordy Nasco Pandano, SH. Partai Golkar (suara sah 4541)
2. H. Mursiwal,SH. Partai Nasdem (suara sah 2172)
3. Afrizal Candra,SH. Partai Golkar (suara sah 1849)
4. David Taster ,S.Sos. Partai Gerindra.(suara sah 937)
5. Dede Fasarela, Amd. Partai Demokrat. (suara sah 2295)
6. Ari Henratno, Amd. Partai PKS (suara sah 686)
7. Aprisal Dani. Partai Golkar (suara sah 1801)

Suasana Pembukaan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Terpilih, Penetapan Perolehan Kursi, dan Penetapan Calon Terpilih Dalam Pemilihan Umum, di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (2/5/ 2024) malam

Dapil 2 Solsel (Kecamatan SJJ, SBJ dan SBH) : 
1. Martius, Partai Golkar (suara sah 2563)
2. Kalmaidi Kaloho, Partai Gerindra (suara sah 2009)
3. Aprisal, Partai Nasdem (suara sah 2486)
4. Doni Nofrial,ST. Partai Golkar (suara sah 1962)
5. Syafril,SH. Partai Golkar (suara sah 1931)
6. Marwan Efendi,SH. Partai Demokrat (suara sah 1637)
7. Daliyus. Partai PKB (suara sah 939)

Dapil 3 Solok Selatan (Sungai Pagu, Pauh Duo dan KPGD)
1. Sarius Noveri. Partai Golkar (suara sah 3163)
2. Andri Yosan. Partai Nasdem (suara sah 2666)
3. Mon Nofrizal. Partai PKS (suara sah 1476)
4. Sultan Alief Baloen. Partai PKB (suara sah 1078)
5. Ronal Syahjohan. Partai Gerindra (suara sah 1337)
6. Roni Ismaji. Partai Golkar (suara sah 1423)
7. Marcos. Partai PPP (suara sah 1634)
8. Indra Sari Putra. Partai Nasdem (suara sah 1415)
9. Erwin Ali, S.Sos.,MM. Partai PAN (suara sah 1485)
10. Albert Arifin. Partai Demokrat (suara sah 1470)
11. Ositama,SH. Partai PDIP (suara sah 999).

Terakhir kegiatan dilakukan penandatangan Berita Acara oleh Komisioner KPU yang kemudian diserahkan kepada Kepala Pemda Solok Selatan melalui Kesbangpol Solok Selatan Zulhendra Wilson, SE. (Adv)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!