January 25, 2020

Kondisi Jalan Raya Provinsi di Tanah Datar Memprihatinkan



FS.Tanah Datar(SUMBAR) - Jalan merupakan salah satu sarana infrastruktur yang sangat penting, karena kelancaran akses masuk ke suatu daerah sangat ditentukan oleh baik buruknya kondisi jalan yang ada. Namun sangat disayangkan Jalan Raya di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat banyak yang memprihatinkan.

Sebagai salah satu contoh adalah Jalan Raya yang membentang membelah Nagari Saruaso, yang dikenal masyarakat sebagai Jalan Provinsi ini nampàk jelas dalam keadaan rusak parah. Lobang banyak terlihat di sana sini. Bahkan tak jarang ruas jalan ini memakan banyak korban. Lakalantas sering terjadi di kawasan ini.

Seharusnya jalan yang berada di bawah kewenangan Pemprov Sumatera Barat ini mendapat perhatian yang serius dari pemerintah.

Hal tersebut disampaikan oleh pemuka Bundo Kanduang Nagari Saruaso Yuni Darlis dalam sesi tanya jawab pada acara Musrenbang Nagari Saruaso yang digelar, Selasa (21/01) di Aula Kantor Wali Nagari setempat.

Kepada Anggota DPRD yang hadir serta Rombongan Pendamping Musrenbang Kabupaten Tanah Datar, Yuni Darlis menyampaikan keluhannya tentang masalah tersebut.

"Saya berharap agar Pemerintah Kabupaten mau memperhatikan dan mencari solusi jalan keluar mengenai masalah jalan tersebut, sehingga kedepannya pemeliharàan dan pembangunan jalan khususnya di Kabupaten Tanah Datar menjadi prioritas dalam program pembangunan selanjutnya," katanya.

Sementara Nuryeddisman selaku ketua Tim Musrenbang Kabupaten Tanah Datar mengatakan bahwa permasalahan jalan tersebut adalah kewenangan Pemerintah Provinsi.
"Kami susah memberitahukan hal ini ke provinsi tepatnya Kadis PU Sumbar,tapi ya masih begini baru"ujar Nuryeddiaman.

Sedàngkan salah seorang Sopir yang ditemui fokussumatera.com sewaktu mengganti ban mobil yang bocor dengan kesal mengatakan bahwa ia selalu rajin membayar pajak, apapun itu yang gunanya bagi negara adalah pemasukan untuk membiayai salah satunya pembangunan termasuk jalan raya.

"Pajak selalu kita bayarkan, tetapi sekarang kita lihat banyak sekali jalan yang rusak parah. Dàn kerusakan itu sangat panjang" ungkapnya dengan kesal.

Masyarakat tentunya berharap agar jalan-jalan yang ada di Kabupaten maupun Nagari-Nagari mendapat perhatian serius dari pihak yang berwenang, sehingga akses transportasi dapat berjalan dengan aman,nyaman dan lancar.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!