Breaking News

Connect With us

April 24, 2020

Sejak Adanya Wabah Covid-19, Perekonomian Warga Salimpaung, Tanah Datar Turun Drastis


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Nagari Salimpaung, Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu nagari perlintasan dari Kota Payakumbuh dan Kota Bukittinggi menuju Kota Batusangkar. Sebagian masyarakat Nagari Salimpaung  dominan bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang baik antar Kecamatan dalam Kabupaten maupun antar Kabupaten, bahkan masyarakat Nagari Salimpaung banyak yang berdagang sampai ke Provinsi tetangga seperti Riau,Jambi dan Bengkulu.

Hal ini tentunya membuat masyarakat Nagari Salimpaung hidup lebih dari pada berkecukupan .Namun semenjak terjadinya wabah Covid-19 kehidupan mereka mengalami penurunan, bahkan drastis sangat dirasakan langsung bagi kehidupan masyarakat di Nagari Salimpaung. Seperti petani sulit untuk menjual hasil pertanian karna jumlah pedagang atau toke yang membeli berbagai hasil tani menurun. 

Sedangkan para pedagang yang langsung membawa berbagai hasil tani di Nagari Salimpaung dan Nagari tetangga juga merasakan kesulitan karna sedikitnya para konsumen yang datang berbelanja di pasar. Bahkan ada juga diantara mereka yang sampai di pasar tujuan ternyata  melihat pasar tak berpengunjung atau tak seberapa pembeli yang datang. Al hasil dagangan mereka dibawa pulang lagi. Apalagi semenjak pemberlakuan PSBB yang dimulai Rabu, 22 April 2020 kemaren, keadaan dirasakan semakin bertambah sulit.

Seperti dituturkan Kepala Jorong Nan Sembilan, Mulfaikris yang menceritakan kaedaan ekonomi masyarakatnya semenjak adanya wabah pandemi Covid- 19. 

‘’Jadi menurut pedagang, pada saat sekarang ini tiga kali pergi berdagang paling satu kali beruntung. Itulah keadaan yang dialami masyarakat kami sekarang ini’’ ujar Mulfaikris. 

Sedangkan Sekretaris Nagari Salimpaung  Randimal Angku Mudo  saat melakukan pertemuan dengan para pedagang,  Jum’at, 24 April 2020 mengatakan ‘’keadaan sekarang ini memang sangat dirasakan oleh masyarakat Nagari Salimpaung, jadi kami dari pihak Pemerintah Nagari tetap menyarankan untuk mematuhi himbauan dan intruksi yang berlaku demi keselamatan kita semua. Kalau ada yang merasa kurang sehat atau sesuatu hal supaya cepat melapor dan memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat atau Salimpaung’’ 

Sedangkan Marjohan selaku Wali Nagari juga membenarkan semua ini. Marjohan merasa cukup bersyukur karena masyarakat Nagari Salimpaung cukup memahami dan mematuhi aturan dan himbauan yang disosialisasikan Pemerintah  ditengah-tengah masyarakat.

‘’Semoga Covid-19 bisa cepat berlalu dan ekonomi masyarakat  bisa tumbuh baik lagi’’ kata  Marjohan. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!