Breaking News

April 24, 2020

Jalani Tahap Renovasi, Puskesmas Talawi Sawahlunto Terlihat Sepi


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-UPT Puskesmas Talawi Kota Sawahlunto  dalam beberapa hari ini terlihat sepi, tidak ada pelayanan. 

Melihat kondisi UPT Puskesmas Talawi yang sunyi dan tertutup rapat Kamis malam, 23 April 2020 kemaren, fokussumatera.com melakukan penelusuran kenapa bisa terjadi penutupan salah satu unit pelayanan masyarakat di Kecamatan Talawi ini, padahal saat ini dalam suasana darurat Covid-19, tentunya masyarakat sangat membutuhkan pelayanan Tim Kesehatan, atau minimal untuk melaporkan dan memeriksakan diri pada tahap awal kalau ada gangguan kesehatan ditengah- masyarakat Kecamatan Talawi. 

Menurut salah satu anggota masyarakat yang di jumpai di warung depan Puskesmas mengatakan kalau ia tidak tahu kenpa Puskesmas tutup. ‘’Jadi kalau kami masyarakat ada yang sakit atau mau periksakan diri kemana lagi, apa langsung ke RSUD Sawahlunto’’ ujar Dedi.

Tak puas dengan jawaban, fokussumatera.com terus melakukan penelusuran  dan bertanya pada pihak yang berwenang, akhirnya terjawab tanda tanya soal tutup dan sepinya Puskesmas Talawi ini. Usut puny usut ternyata penutupan tersebut disebabkan karena Puskesmas Talawi sedang menjalani tahap renovasi.

Seperti disampaikan Deri Asta,SH selaku Walikota Sawahlunto. Deri Asta mengatakan kalau UPT Puskesmas Talawi tidak ditutup tetapi dipindahkan lokasi tempat pelayanannya,karna bangunan yang sekarang akan direnovasi dan diperbaiki, supaya lebih baik lagi ke depannya.Renovasi ini sudah dimulai sejak Senin, 20 April 2020 lalu.


‘’Sementara waktu pelayanan pindah ke Komplek Rumah Dasrat dan Wisma Atlit Talawi Putra untuk UGD , pelayanan rawat jalan ditempatkan di dua lokasi itu, sedangkan untuk rawat inap sementara waktu ditiadakan sampai renovasi slesai, bagi masyarakat yang harus dirawat inap akan langsung dirujuk ke RSUD Sawhalunto, atau UPT Puskesmas terdekat’’ jelas Deri Asta.

Sedangkan Ketua Balai Wartawan Sawahlunto Adek Rosie via pesan WhatsApp menginformasikan kepada seluruh Wartawan Kota Sawahlunto, Jumat , 24 April 2020,Walikota Deri Asta bersama Kadis Kesehatan Kota Sawahlunto berencana  akan turun ke Puskesmas Talawi untuk melihat langsung proses persiapan renovasi dan percepatan penyelesaian sehingga bisa secepatnya digunakan lagi buat pelayanan kesehatan masyarakat Talawi dan sekitarnya. 

‘’Sedangkan  jam kegiatan Pak Deri Asta mau turun ke Talawi silahkan koordinasi dengan ADC Walikota atau bagian Humas’’ jelas Adek Rosie. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!