May 8, 2020

UPTD Puskesmas Kemalaraja OKU Gelar Program "Berbagi Cinta"


FS.OKU(SUMSEL)-Corona virus adalah kelompok virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan dan manusia. Beberapa jenis corona virus diketahui menyebabkan infeksi saluran pernafasan pada manusia mulai dari batuk pilek, hingga yang lebih serius seperti MERS dan SARS.

Covid 19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh coronavirus yang baru ditemukan, Ini merupakan virus baru dan penyakit yang sebelumnya tidak dikenal sebelum terjadi wabah di Wuhan, Tiongkok bulan Desember 2019 lalu.

Untuk itu UPTD Puskesmas Kemalaraja berkomitmen ikut berperan aktif dalam upaya pencegahan dan penyelesaian kasus covid-19 di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan.

Kepala UPTD Puskesmas Kemalaraja Dr Hj. Susy Prihatingsih mengatakan, berbagai upaya kegiatan yang telah dilakukan oleh UPTD Puskesmas kemalaraja terkait covid 19 diantaranya adalah melakukan screening penumpang PT. KAI. 

"Upaya preventif dan promotif melalui penyuluhan tentang covid 19 diberbagai lokasi seperti posyandu, sekolah dan ditempat-tempat umum serta melakukan penyuluhan secara mobile diseluruh wilayah UPTD Puskesmas Kemalaraja," pungkasnya.

UPTD Puskesmas Kemalaraja juga telah melakukan Pembagikan poster, leaflet dan stiker covid 19 di kantor Lurah dan tempat-tempat umum lainnya, serta berbagi informasi terkait covid 19 di media sosial (facebook dan instagram). Juga tidak ketinggalan melakukan penyemprotan disinfektan dan pendampingan penyemprotan disinfektan ke rumah - rumah warga yang berada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kemalaraja.


"Serta Melakukan home viste (Kunjugan Rumah) dan PE (Penyelidikan Epidemiologi) OTG, ODP, PDP di wilayah UPTD Puskesmas Kemalaraja dan Berkoordinasi dengan camat, Lurah, RT/RW dan seluruh lintas sektor/perangkat Desa Kelurahan terkait covid 19 Serta Ikut berpartisipasi dalam Pos Pengamanan Operasi Ketupat Musi - 2020," ungkap dr Hj. Susy Prihatingsih kepada Awak media, Jum'at (8/4/2020). 

Dr Hj. Susy Prihatingsih menambahkan, baru baru ini UPTD Puskesmas Kemalaraja tepatnya pada hari Minggu 19 April 2020 s/d 23 April 2020 telah melakukan kegiatan "UPTD  Puskesmas Kemalaraja Berbagi Cinta" yaitu kegiatan bakti social berupa pembagian sembako bagi OTG, ODP, PDP kurang mampu dan Masyarakat kurang mampu yang terimbas covid 19 yang ada diwilayah kerja UPTD Puskesmas Kemalaraja.

"Sumber Dana kegiatan bakti social berupa pembagian sembako berasal dari sumbangan dan donasi seluruh staf karyawan/karyawati UPTD Puskesmas Kemalaraja," ujarnya.

Total jumlah paket sembako yang terkumpul dan dibagikan oleh UPTD Puskesmas Kemalaraja sebanyak 48 paket, Adapun satu Paket sembako terdiri dari Beras 5 kg, Mie instan 10 Pcs, Gula 1 kg, Minyak 1 liter, Telur, Sabun Mandi, dan Masker kain 2 Pcs Serta Sarden 1 kaleng.

Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu masyarakat yang berada di wilayah UPTD Puskesmas Kemalaraja yang terdampak covid 19.

"Sasaran Target Kegiatan bakti social ini yaitu OTG kurang mampu, ODP kurang mampu dan PDP kurang mampu serta Masyarakat yang kurang mampu yang terdampak covid 19," ucap Dr Hj. Susy Prihatingsih didampingi Deviyanti. AM. Kep sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan.

Metode Kegiatan Paket sembako didistibusikan sesuai sasaran target yang telah ditetapkan oleh TIM dan Bidan desa di tiga Kelurahan (Kemalaraja, Pasar Baru dan Baturaja Lama) dengan diantarkan langsung sesuai dengan alamat rumah masing-masing sasaran/target.

Kepala UPTD Puskesmas Kemalaraja dr Hj. Susy Prihatiningsih mengharapkan, Setelah Kegiatan UPTD Puskesmas Kemalaraja Berbagi Cinta terlaksana dengan baik
diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan secara berkala serta peran aktif dari staf UPTD Puskesmas Kemalaraja terkait kegiatan serupa dalam mengatasi masalah," tutupnya.(Hermanto)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!