Breaking News

Connect With us

June 5, 2020

Akibat Hujan Deras, Nagari Pariangan Tanah Datar Ditimpa Longsor


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Hujan deras yang mengguyur Kota Batusangkar beberapa hari terakhir ini telah menyebabkan bencana Tanah Longsor di berbagai Daerah di Kabupaten Tanah Datar. Salah satunya adalah Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Hujan deras Rabu malam, 03 Juni 2020 telah mengakibatkan tanah longsor  tepatnya di Jalan Raya Batusangkar- Padang, di Jorong Sikaladi, Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar. Keesokan harinya, Kamis, 04 Juni 2020 sekira pukul 06.00 tanah di tepi jalan raya tersebut telah mengalami longsor dengan ketinggian ± 15 meter dan lebar ± 5 meter.


Masyarakat dan Pihak Pemerintah Nagari Pariangan langsung melaporkan hal tersebut kepada Bupati Tanah Datar cq Kepala BPBD Kabupaten Tanah Datar, salah satunya melalui Group Satgas Penanggulangan Bencana (PB) Kabupaten Tanah Datar.

Dalam laporan tersebut Pemerintah Nagari beserta masyarakat Pariangan meminta petunjuk dan arahan kepada Satgas PB Kabupaten Tanah Datar. Dari peristiwa longsor tersebut, ada beberapa hal yang dilaporkan diantaranya yaitu :  Dam/Penahan tanah rumah menglami longsor  sepanjang  ±  15 meter dimana rumah berada di ketinggian 15 meter dari jalan; Jarak tebing yang longsor dengan rumah tersisa ± 2 meter; Data pemilik rumah A/N Befri dan 3  orang anggota dalam KK; Kejadian longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Kamis, 04 Juni 2020 dan material yang menumpuk  ke jalan sudah digotong-royongkan masyarakat agar tidak mengganggu arus lalu lintas di jalan Provinsi dan Terkait  situasi tersebut mohon analisa dan petunjuk di lapangan dari Satgas Bencana Kabupaten Tanah Datar, apakah penghuni rumah dapat menempati rumah atau dipindahkan untuk kewaspadaan apabila curah hujan berlanjut.

Sementara Wali Nagari Pariangan April Khatib Saidi bersama perangkat Nagari, Tokoh Masyarakat, Bhabinkamtibmas dan Babinsa langsung meninjau lokasi longsor tersebut.

April berharap setelah dilaporkannya peristiwa ini kepada Bupati Tanah Datar melalui Bpbd Kabupaten Tanah Datar, Pihak Nagari memperoleh arahan dan petunjuk untuk proses penangan selanjutnya.

April juga berharap agar Pemerintah melalui Dinas terkait dapat segera melakukan tindakan perbaikan terhadap tebing yang lonsor tersebut, agar apabila terjadi curah hujan yang cukup deras tidak terjadi longsor susulan, karena lokasi longsor tersebut sangat dekat dengan perumahan warga.

Tidak ada korban jiwa dan kerugian materi dalam kejadian ini dan untuk saat ini arus lalu lintas sudah berjalan normal.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!