Breaking News

October 7, 2020

Tertarik Songket Silungkang, Dubes India Pradeep Kumar Kunjungi Sawahlunto


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-
Hasil kerajinan Songket Silungkang, Kota Sawahlunto memang sudah terkenal, tidak hanya di Sumatera Barat bahkan sudah mendunia. Berawal dari ketertarikan pada Songket Silungkang tersebut, Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat, mengunjungi  Kota Sawahlunto.


Berdasarkan informasi Humas Kota Sawahlunto dalam rilisnya pagi ini, kunjungan Dubes India yang dilakukan Selasa, 06 Oktober 2020 kemaren itu adalah  untuk melihat proses pertenunan Songket Silungkang . 


Walikota Sawahlunto Deri Asta, SH menyambut gembira kunjungan Dubes India tersebut. Usai melihat proses pertenunan songket Silungkang itu, Dubes India Pradeep Kumar Rawat dibawa ke Balaikota untuk berdialog dengan Walikota Sawahlunto Deri Asta, antara lain membahas peluang kerjasama antara Sawahlunto dengan India.


Dubes India Pradeep Kumar Rawat menyampaikan pujian dan ketertarikannya pada songket Silungkang, terutama pada proses pertenunannya yang dilakukan oleh pengrajin masyarakat lokal. Menurut Pradeep Kumar,songket Silungkang merupakan produk yang bernilai sejarah dan budaya tinggi.


Dalam kesempatan itu, Pradeep Kumar juga menawarkan program kerjasama dengan Pemko Sawahlunto yaitu kerjasama di bidang pendidikan Aparatur Sipil Negara (ASN).


“Kami punya program terkait government employee, jadi ini seperti pertukaran pelajar, bedanya yang dikirimkan dalam program ini adalah pegawai pemerintah (ASN). Mereka dapat mempelajari budaya, tata kelola pemerintahan dan hal lain yang dirasa perlu. Selama ASN Sawahlunto berada di sana nanti (India), maka biaya mereka di sana ditanggung oleh pemerintah negara India,” ujar Pradeep Kumar Rawat.


Menyambut dan menanggapi kunjungan serta tawaran kerjasama dari Dubes India Pradeep Kumar Rawat tersebut, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan sangat bangga dan berterimakasih.


“Ini kesempatan yang sangat bagus, kita bisa menjadikan kunjungan pak Kumar ini untuk membuka pintu kerjasama Sawahlunto – India. Kita rasa banyak peluang kerjasama yang bisa dijalin, dimana ini sudah menjadi awal yang sangat baik,” ujar Walikota Deri Asta.


“Namun yang paling utama, dengan ketertarikan pak Kumar pada songket Silungkang ini kita manfaatkan segera dengan menjadikan beliau sebagai Brand Ambassador Songket Silungkang di India. Ini kita beri cendera mata beberapa songket, harapannya pak Kumar bisa membantu mempromosikan songket Silungkang di kantor Kadubes di Jakarta maupun di negaranya di India nanti. Sehingga kedepannya kita berharap produk Songket Silungkang ini dapat menembus pemasaran di pasar Internasional, yang akan mendatangkan keuntungan finansial bagi PAD Kota Sawahlunto” kata Walikota Deri Asta.


Sementara terkait tawaran kerjasama di bidang pendidikan ASN , Deri Asta menyebutkan bahwa membuka peluang itu, dirinya mempersilahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menindaklanjuti peluang itu sesuai regulasi yang berlaku. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!