Breaking News

February 7, 2021

Bunga Raflesia Kembali Ditemukan di Sawahlunto, Wako Deri Asta Minta Agar Dijaga dengan Baik


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Spesies langka Bunga Raflesia atau Amorphophallus Titanum kembali ditemukan di Sawahlunto tepatnya di kawasan Goa Janjian,  Desa Talago Gunuang, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. Bunga ini ditemukan oleh salah seorang anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sajonang yaitu, Rasmi Nengsih sejak 01 Februari 2021 lalu, dan kini bunga itu telah mekar indah  dan tumbuh setinggi 150 cm.


Sebelumnya pada 2014 lalu bunga bangkai juga pernah ditemukan di daerah Goa Janjian yaitu  sekitar 2 meter dari lokasi ditemukannya sekarang, dan ditemukan oleh Khairun P. Barain.


"Kita bersama tim Granite Sawahlunto itu rutin melakukan pemantauan dan pengukuran setiap hari. Kami mencatat bunga ini bertumbuh 5 cm/hari" kata Robert Petra selaku ketua Pokdarwis Lembah Sejonang,  Sabtu  (06/02) kemaren. 


Terkait penemuan tersebut  Walikota Sawahlunto Deri Asta meminta kepada Pokdarwis Lembah Sajonang untuk dapat menjaga bunga tersebut beserta kawasan di sekitarnya dengan baik.


"Kita bersyukur, ini menambah keanekaragaman kekayaan biodiversity Geopark di Sawahlunto. Ini tentu akan menarik kunjungan dari masyarakat dan wisatawan, makanya saya minta kepada Pokdarwis setempat untuk menjaga bunga ini dan mendampingi pengunjung," ujar Walikota Deri Asta.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora)  Kota Sawahlunto, Nova Erizon mengatakan bahwa hadirnya bunga Raflesia ini berpeluang untuk mengundang wisatawan baik masyarakat lokal maupun dari luar daerah. Untuk itu, Nova mengajak Pokdarwis Lembah Sajonang selaku pendamping setempat untuk dapat memastikan pengunjung tidak melakukan hal - hal yang dapat menganggu pertumbuhan bunga tersebut. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!